https://jurnal.ilkom.fs.umi.ac.id/index.php/respon/issue/feedRESPON JURNAL ILMIAH MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI2024-01-04T05:54:01+00:00Zelfiazelfia.zelfia@umi.ac.idOpen Journal Systems<p>RESPON Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Komunikasi adalah untuk publikasi Mahasiswa yang terbit empat kali dalam setahun, yang diterbitkan pada bulan Januari, April, Juli dan <em>Oktober.</em> Jurnal ini dikelola sejak Januari 2020, dalam hal ini Volume 1 yang terdiri dari artikel berbasis penelitian dan / atau artikel konseptual dalam komunikasi.</p> <p>RESPON Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Komunikasi diterbitkan oleh Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi, Fakultas Sastra Universitas Muslim Indonesia. Penerbit hanya menerima karya asli, yang belum dipublikasikan di tempat lain. Artikel harus dikirimkan melalui situs ini sesuai dengan format kami. Artikel yang dikirim akan ditinjau dan diedit untuk keseragaman format, istilah, dan prosedur lainnya. Artikel yang diterbitkan dalam bidang ilmu komunikasi yang dikaitkan berbagai disiplin keilmuan, dan sudut pandang, budaya, politik, ekonomi, sosial dan teknologi.</p>https://jurnal.ilkom.fs.umi.ac.id/index.php/respon/article/view/157PERSEPSI MAHASISWA HPPMI (HIMPUNAN PEMUDA PELAJAR MASAPI INDONESIA) TENTANG PEMBERITAAN MENTERI AGAMA TERKAIT SUARA ADZAN DI MEDIA PORTAL DETIK.COM2023-03-13T03:48:52+00:00Putri Putri Putrichin017@gmail.comAndi Muttaqin Mustari andi.muttaqin@umi.ac.idMuhammad Idrismuhammadidris@ac.id<p>Penelitian ini untuk mengetahui persepsi mahasiswa hppmi (himpunan pemuda pelajar masapi indonesia) tentang pemberitaan menteri agama terkait suara adzan di media portal detik.com kabupaten luwu utara. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori S-O-R dan teori penlilaian sosial. Dalam penelitian ini metode yang digunakan yakni pendekatan kuantitaif dengan analisis deskriptif. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Kemudian data diolah menggunakan ms exel dan SPSS versi 22. Persepsi diukur dengan uji hipotesis dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwapersepsi mahasiswa hppmi (himpunan pemuda pelajar masapi indonesia) tentang pemberitaan menteri agama terkait suara adzan di media portal detik.com kabupaten luwu utara. Responden mengganggap bahwa media portal detik.com baik dalam memberitakan pemberitaan menteri agam terkait suara adzan. Selain itu isi pesan dalam pemberitaan menteri agama terkait suara adzan di media portal detik.com responden menganggap bahwa menteri agama tidak baik dalam penyampaikan informasi.</p>2023-04-05T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 https://jurnal.ilkom.fs.umi.ac.id/index.php/respon/article/view/158ANALISIS ISI PROGRAM SULAWESI SELATAN HARI INI” PADA TVRI SULSEL DALAM PENYEBARAN BERITA KRIMINAL DI KOTA MAKASSAR 2023-03-13T03:54:32+00:00A Rijal andirijal17@gmail.comAbd Majid Abd.majid@umi.ac.idAndi Muttaqin Mustari andi.muttaqin@umi.ac.id<p>Media massa biasanya dianggap sebagai penyampaian informasi. Inti dari fungsi media sebagai penyampai pesan informasi adalah berita (news). Berita adalah laporan tentang peristiwa atau pendapat yang memilih nilai penting, menarik dari sebagian khalayak. Peristiwa atau pendapat tidak akan menadi berita bila tidak dipublikasikan melalui media massa. Dalam hal ini berita yang diangkat dalam penelitian ini yaitu berita kriminal pada bulan agustus tahun 2022 yang tayang dalam program televisi iNews Sulsel melalui program siaran Sulawesi Selatan Hari Ini, yang akan dianalisis oleh peniliti menggunakan teknik analisis isi kualitatif, serta mengumpulkan tanggapan khalayak di kota Makassar mengenai pemberitaan kasus kriminal dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kecenderungan dalam program siaran Sulawesi Selatan Hari Ini pada bulan Agustus 2022 di kota Makassar mengenai berita kasus kriminal sangat bervariatif mulai dari narkoba, pencurian, prostitusi, bunuh diri, Hingga geng motor. Dengan tayangan yang mendominasi yaitu kasus pencurian.. Serta Kecenderungan penonton tentang berita kasus kriminal pada program Sulawesi Selatan Hari Ini pada TVRI Sulsel sangat berbedabeda tiap pandangan penonton. Apalagi pada kasus kriminal seperti pencurian dan prostitusi sangat membuat khalayak khawatir akan pemberitaan tersebut. Tetapi respon penonton sangat baik menanggapi pemberitaan yang ditayangkan Sulawesi Selatan Hari Ini dalam memberikan informasi.</p>2023-04-05T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 https://jurnal.ilkom.fs.umi.ac.id/index.php/respon/article/view/159Efektivitas Strategi Komunikasi Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Luwu Timur dalam mempromosikan obyek Wisata Kampoeng Taipa melalui Media Sosial2023-03-13T04:26:57+00:00Rini Hartina rinihartinaaa@gmail.comAbd Majid Abd.majid@umi.ac.idAndi Muttaqin Mustari andi.muttaqin@umi.ac.id<p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji bgaimana Efektivitas dari Strategi Komunikasi Dinas Pariwisata dan prmosi yang dilakukan melalui media sosial. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan informan dalam penelitian ini sebanyak delapan (8) orang, Teknik pengumpulan data melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang dilakukan Dinas Pariwisata dalam mempromosikan Wisata Kampoeng Taipa yang terletak di Tepi Danau Matano itu dengan menginformasikan melalui artikel-artikel dan media sosial seperti instagram dan facebook. Kreatifitas dalam megelolah akun media sosial Dinas Pariwisata maupun pihak pengelola wisata Kampoeng Taipa perlu ditingkatkan agar lebih efektif dan maksimal untuk menarik minat masyarakat mengunjungi obyek Wisata Kampoeng Taipa.</p>2023-04-05T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 https://jurnal.ilkom.fs.umi.ac.id/index.php/respon/article/view/160STRATEGI PROMOSI RADIO PRAMBORS MAKASSAR DALAM MEMPERTAHANKAN SEGMENTASI IKLAN DIERA DIGITAL2022 2023-03-13T04:34:45+00:00Nurul Qalby nurulqalby119@gmail.comAbd Majid Abd.majid@umi.ac.idAndi Muttaqin Mustari andi.muttaqin@umi.ac.id<p>Tujuan penelitian ini adalah bagaimana strategi promosi radio prambors Makassar dalam mempertahankan segmentasi iklan di Era Digital 2022. apakah ada tantangan radio Prambors Makassar saat mempromosikan iklan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Tipe penelitian ini digunakan deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini berjumlah empat orang. Penelitian ini berlangsung selama satu bulan dan berlokasi di Studio FM Prambors Makassar. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi promosi untuk mempertahankan segmentasi iklan dengan cara membuat konten-konten yang semenarik mungkin yang marketnya adalah segmentasi pendengar prambors itu sendiri yaitu anak muda. Tantangan Radio Prambors dalam mempromosikan iklannya itu tidak banyak, dikarenakan pandemic yang memberikan efek yang luar biasa bagi ekonomi, sehingga membuat banyak perubahan seperti budgeting dari para pengiklan</p>2023-04-05T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 https://jurnal.ilkom.fs.umi.ac.id/index.php/respon/article/view/161Efektivitas Komunikasi Organisasi Kelompok Sadar Wisata Kabupaten Maros Dalam Mengelola Kawasan Konservasi Wisata Alam Hutan Pinus Tala-Tala 2023-03-13T04:38:45+00:00Ahmed AhmedAhmedmeddd123@gmail.comMuliadi Muliadimuliadi.muliadi@umi.ac.idAndi Muttaqin Mustari andi.muttaqin@umi.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas komunikasi organisasi dalam pengelolaan hutan pinus tala-tala oleh kelompok sadar wisata. jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara dengan pihak terkait. Data penelitian ini terdiri dari data sekunder yang diperoleh dengan menelah dokumen atau data serta literatur yang berkaitan dengan objek penelitian. sedangkan data primer yang diperoleh pada saat wawancara, data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif yaitu dengan menjelaskan permasalahan-permasalahan yang dibahas dalam skripsi.</p>2023-04-05T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 https://jurnal.ilkom.fs.umi.ac.id/index.php/respon/article/view/162Strategi Komunikasi Pembangunan Pertanian Uptd Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Cenrana Kabupaten Maros Dalam Meningkatkan Hasil Panen Padi Petani 2023-03-13T04:43:29+00:00Reski Awalia kikireski989@gmail.comAndi Muttaqin Mustari andi.muttaqin@umi.ac.idMuliadi Muliadimuliadi.muliadi@umi.ac.id<p>Penelitian ini untuk mengetahui strategi komunikasi pembangunan pertanian Uptd Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Cenrana Kabupaten Maros dalam meningkatkan hasil panen padi petani. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif deskripstif yang menggambarkan dan menjelaskan fakta atau fenomena tentang bagaimana strategi yang digunakan oleh Balai Penyuluhan Pertanian dalam meningkatkan hasil panen padi petani yang ada di Kecamatan Cenrana. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pembangunan pertanian yang dilakukan oleh Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Cenrana adalah dengan melakukan penyediaan dan perbaikan infrastruktur pertanian yang ada. Melakukan juga perluasan lahan pertanian, membangun irigasi untuk pengairan ke lahan pertanian para petani sehingga petani dapat terus melakukan pembajakan sawah tanpa harus khawatir kekurangan air untuk lahan pertanian mereka dengan memanfaatkan teknologi yang semakin canggih petani dapat menggunakannya untuk mempercepat proses pertanian mereka.</p>2023-04-05T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 https://jurnal.ilkom.fs.umi.ac.id/index.php/respon/article/view/163Makna Komunikasi Simbolik Tope Le’leng Dalam Tradisi Masyarakat Suku Kajang Kabupaten Bulukumba 2023-03-13T04:48:28+00:00Andi Ni’ma Tuljanna andinima4@gmail.comAhdan S ahdan.s@umi.ac.idZelfia Zelfiazelfia.zelfia@umi.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna komunikasi simbolik tope le’leng dalam tradisi masyarakat suku kajang kabupaten Bulukumba. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan model analisis data kualitatif menurut Miles dan Huberman. Data penelitian terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari wawancara dan observasi sedangkan data sekunder diperoleh dengan menelaah dokumen dan literatur yang berkaitan dengan objek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa makna tope le’leng yang diyakini oleh masyarakat kajang adalah kejujuran. Masyarakat memaknai tope le’leng sebagai identitas diri dan bagian dari kehidupan mereka. Tope le’leng merupakan ciri khas dan sesuatu yang sakral sehingga tidak bisa ditinggalkan oleh masyarakat kajang. Selain itu terdapat nilai budaya yang melekat pada tope le’leng. Nilai budaya yang terdapat pada topr le’leng yaitu kesetaraan dan kesederhanaan.</p>2023-04-05T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 https://jurnal.ilkom.fs.umi.ac.id/index.php/respon/article/view/164Pengaruh Opini Publik Terhadap Pengambilan Keputusan Vaksinasi Covid-19 Di Kelurahan Bakung Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar 2023-03-13T04:53:10+00:00Astari Clara Sari Astariclara96@gmail.comHadawiah Hadawiahhadawiah.hadawiah@umi.ac.id<p>pengambilan keputusan vaksin Covid-19 di Kelurahan Bakung Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Penelitian ini merupakan survei terhadap warga Kelurahan Bakung Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Unit analisis dalam penelitian ini adalah individual dengan sampel sebanyak 100 responden dan data di analisis dengan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengujian hipotesis (Uji t) opini publik berpengaruh terhadap pengambilan keputusan vaksinasi Covid-19 di Kelurahan Bakung Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar.</p>2023-04-05T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 https://jurnal.ilkom.fs.umi.ac.id/index.php/respon/article/view/165Pola Komunikasi Organisasi Bagian Keprotokoleran Kantor Pemerintah Kabupaten Muna Dalam Peningkatan Pelayanan Informasi Kepada Masyarakat (2022)2023-03-13T04:55:42+00:00Endang Fitra Mayu endangfitramayu@gmail.comAndi Muttaqin Mustari andi.muttaqin@umi.ac.id<p>Dalam instansi pemerintah biasaya terdapat bagian khusus yang memiliki tugas untuk membangun komunikasi dengan masyarakat dan berperan penting dalam melayani pemimpin instansi dalam melaksanakan tugas-tugasnya, bagian ini disebut dengan protokoler protokol di lingkungan pemerintahan merupakan hal yang sangat penting untuk membuka ruang bagi publik dalam mendapatkan informasi Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pola komunikasi organisasi bagian keprotokoleran kantor Pemerintah Kabupaten Muna dan Untuk mengetahui bentuk pelayanan informasi bagian keprotokoleran kantor Pemerintah kabupaten Muna Dalam Meningkatkan Pelayanan Informasi Kepada Masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang dilihat dari sudut pandang bagaimana upaya bagian protokol dalam meningkatkan pelayanan informasi kepada masyarakat kabupaten Muna. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada beberapa pola komunikasi organisasi yang digunakan pada bagian protokol dan komunikasi pimpinan yaitu pola roda, pola lingkaran pola Y. Dengan bentuk pelayanan komunikasinya yaitu menggunakan media sosial dan melibatkan perangkat daerah dalam upaya penyaluran informasinya</p>2023-04-05T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 https://jurnal.ilkom.fs.umi.ac.id/index.php/respon/article/view/166Persepsi Masyarakat Terhadap aktivitas Publikasi Perumda air Minum Kota Makassar Dalam Menangani Keluhan Pelanggan Dimasa Pandemi Covid-192023-04-05T03:01:44+00:00Muh Akbar Pono akbarabba682@gmail.comAbd Majid Abd.majid@umi.ac.idNur Taqwa AminNurtqwa.amin@umi.ac.id<p>Tujuan Penelitian Ini Adalah (1) Untuk mengetahui aktivitas publikasi yang dilakukan PDAM Kota Makassar dalam menangani keluhan pelanggan.(2) Untuk mengetahui Persepsi masyarakat terhadap kerja humas dalam menangani keluhan pelanggan di masa pandemic covid-19. Metode Penelitian yang digunakan Dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif Deskriptif dengan pendekatan persepsi Masyarakat. Dan menggunakan 3 teroi pendukung yatitu teori kontruksi realitas media sosial, teori pandangan dan teori sistem sosial. Informan dalam penelitian ini berjumlah sepuluh orang, penelitian ini berlangsung selama satu bulan berlokasi di makassar. Teknik pengumpulan data melalui kiosioner yang dibagikan. Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa Aktivitas publikasi Humas PDAM Kota Makassar dalam menangani keluhan pelanggan dapat terlihat dari bagaimana mereka menjalankan peran kehumasan baik sebagai communicator, relationship, back – up management, maupun good image maker. Persepsi pelanggan atas aktivitas Humas PDAM Kota Makassar dalam menanggapi keluhan pada dasarnya baik. Palanggan merasa puas karena keluhan mereka langsung ditindaklanjuti. Bahkan pihak Humas sudah duluan menginformasikan masalah dan solusianya sebelum pelanggan mengajukan keluhan. Hal ini menunjukkan adanya aktivitas publikasi yang dilakukan Humas PDAM menggunakan media online.</p>2023-04-05T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 https://jurnal.ilkom.fs.umi.ac.id/index.php/respon/article/view/167Efektivitas Promosi Dinas Pariwisata Dalam Menyebarluaskan Informasi Objek Wisata Anjungan Sungai Malili Di Kabupaten Luwu Timur 2023-04-05T03:11:15+00:00Muhammad Syahidin muh.syahidin07@gmail.comHadawiah Hadawiahhadawiah.hadawiah@umi.ac.idAndi Muttaqin Mustari andi.muttaqin@umi.ac.id<p>Kabupaten Luwu Timur merupakan daerah yang memiliki potensi pariwisata yang sangat besar sesuai dengan nama daerahnya “Bumi Batara Guru” sajian panorama alam yang sangat indah alami dalam dimensi pegunungan dan lautan. Tujuan penelitian untuk mengetahui aktivitas promosi Dinas Pariwisata dalam menyebarluasakan informasi objek wisata Anjungan Sungai Malili. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif analisis deskriptif. Kualitatif dipilih dikarenakan penelitian akan menggambarkan secara lengkap mengenai proses yang ada untuk mengetahui aktifitas promosi Dinas Pariwisata dalam menyebarluaskan informasi objek wisata Anjungan Sungai Malili. Hasil penelitian ini menunjukkan Aktifitas promosi pariwisata sejauh ini sudah berjalan lancar, karena adanya kemajuan tentang pengembangan potensi di Anjungan Sungai Malili. Terdapat juga beberapa dukungan baik dari masyarakat yang secara tidak langsung mendukung aktifitas promosi yang dilakukan. </p>2023-04-05T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 https://jurnal.ilkom.fs.umi.ac.id/index.php/respon/article/view/169Representasi Nilai-Nilai Islam Pada Film “Aisyah Biarkan Kami Bersaudara” (Analisis Semiotika John Fikse) 2023-04-05T03:19:04+00:00Mariam Ulfa Kamaria mariamulfa12345@gmail.comZelfia Zelfiazelfia.zelfia@umi.ac.idAgus Sallam Beddu agussalim.beddumalla@umi.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi nilai-nilai Islma yang direpresentasikan dalam film “Aisyah Biarkan Kami Bersaudara”. Fokus penelitian ini adalah representasi nilai-nilai Islam yang terkadung dalam film “Aisyah Biarkan Kami Bersaudara” yang berdurasi 110 menit. Penelitian ini menggunakan pendekatan kulitatif dengan menggunakan analisis semiotika John Fikse. John Fikse terbagi dari tagi level yaitu level realitas, level representasi dan level ideologi. Hasil dari penelitian ini pada level realitas nilai Islam digambarkan dengan penampilan Aisyah yang bersahaja dibalut busana muslimah. Untuk kode kostum Aisyah istiqomah pakai jilbab selama di Dusun Derok. Pada level representasi ditunjukkan dengan pengambilan gambar pada film tersebut sehingga mengetahui detail pada raut muka dan gerak interaksi karakter dalam film tersebut. Pada level ideologi, nilai Islam ditunjukkan dengan bentuk dialog.</p>2023-04-05T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 https://jurnal.ilkom.fs.umi.ac.id/index.php/respon/article/view/170Pengaruh Informasi Vaksinasi Covid-19 Dalam Media Sosial Facebook Terhadap Pengambilan Keputusan Vaksin Masyarakat Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima 2023-04-05T03:24:23+00:00Mulya Khaerani Mulyakhaeran002@gmail.comHadawiah Hadawiahhadawiah.hadawiah@umi.ac.idZelfia Zelfiazelfia.zelfia@umi.ac.id<p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh informasi covid-19 dalam media sosial Facebook terhadap pengambilan keputusan vaksin masyarakat Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan pengambilan sampel berjumlah 100 responden dan data diolah dengan program SPSS. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh antara variabel X (Informasi Vaksinasi) terhadap Variabel Y (Pengambilan Keputusan) yang menjelaskan bahwa informasi vaksinasi covid-19 berpengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan vaksin masyarakat. Pengaruh Facebook sebagai media pemberitaan informasi vaksin covid-19 terhadap pengambilan keputusan vaksin masyarakat sebesar 68,3 %.</p>2023-04-05T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 https://jurnal.ilkom.fs.umi.ac.id/index.php/respon/article/view/171Pengaruh Iklan Shopee Terhadap Pemanfaatan E-Commerce Di Kalangan Remaja Kecamatan Manggala Kota Makassar2023-04-05T03:26:26+00:00A. Zhabita Aldhea zhabita.aldhea12@gmail.comHadawiah Hadawiahhadawiah.hadawiah@umi.ac.idZelfia Zelfiazelfia.zelfia@umi.ac.id<p>Penelitian ini Bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Iklan Shopee terhadap Pemanfaatan E-Commerce di kalangan remaja kecamatan manggala Kota Makassar. Metode yang digunakan adalah Metode Korelasional dengan jumlah populasi sebanyak 50 orang responden sumber data dari remaja Kecamatan Manggala Kota Makassar. Dengan menggunakan rumus Slovin, diperoleh sampel sebanyak 50 orang responden. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan penyebaran kuesioner. Adapun Teori yang digunakan adalah Teori Selective Influence dan AIDDA. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisi regresi linear sederhana dan uji hipotesis. Uji Hipotesis dilakukan dengan menggunakan rumus uji t dan korelasi product moment dengan hasil Hipotesis Diterima, yaitu terdapat Pengaruh Iklan Shopee terhadap Pemanfaatan E-Commerce di kalangan Remaja Kecamatan Manggala Kota Makassar. Dari hasil perhitungan Uji Hipotesis, bahwa Hubungan (Korelasional) Variabel X terhadap Y memiliki hubungan yang cukup berarti. Jadi Hasil penelitian menunjukkan Hubungan Iklan Shopee dengan Pemanfaatan E-Commerce memiliki hubungan yang Signifikan. </p>2023-04-05T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 https://jurnal.ilkom.fs.umi.ac.id/index.php/respon/article/view/172Strategi Komunikasi Guru Dalam Pembentukan Akhlak Mulia Pada Peserta Didik Di Raudahtul Athfal Cendekia Berseri Makassar 2023-04-05T03:32:19+00:00Alfina Darmayanti alfinadny@gmail.comAndi Muttaqin Mustari andi.muttaqin@umi.ac.idAgussalim Beddu Malla agussalim.beddumalla@umi.ac.id<p>Semua lembaga pendidikan berusaha untuk menjadikan seluruh peserta didik menjadi orang yang berakhlak dan beriman. Dalam hal ini guru mempunyai peran untuk ikut serta dalam prosesnya. Dalam pembelajaran guru tidak hanya memberikan ilmu saja, namu harus menunjukkan aspek mendidik akhlak. Sratetgi yang dimiliki guru dalam pembentukan akhlak mulia harus tepat agar proses pembelajaran lebih berhasil dan berguna Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai akhlakul karimah yang di tanamkan guru dan memahami strategi yang digunakan guru untuk membentuk akhlak peserta didik. Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data analisis dengan mengumpulkan data berupa reduksi kata, penyajian data, dan verifikasi. Hasil dari pembahasan ini memperlihatkan bahwa pembentukan akhlak yang dilakukan guru dengan cara</p>2023-04-05T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 https://jurnal.ilkom.fs.umi.ac.id/index.php/respon/article/view/173Peran Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan Sekertariat Daerah Kabupaten Sinjai Dalam Mempublikasikan Kegiatan Pemrintah Melalui Akun Instagram @Humas_Sinjai Kepada Masyarakat 2023-04-05T03:41:03+00:00Wawan Darmawan wawanwd@gmail.comAndi Muttaqin Mustari andi.muttaqin@umi.ac.idAhdan S ahdan.s@umi.ac.id<p>Dari hasil penelitian dapat di ketahui bahwa Bagian prokopim Sekretariat Daerah Kabupaten Sinjai memiliki peran penting dalam hal penyedia informasi pemerintah kepada masyarakat. Peran Bagian prokopim sangat strategis dalam membantu sebagian tugas-tugas kepala daerah dan wakil kepala daerah serta pemerintah daerah itu sendiri, terutama dalam hal memberitahukan dan menyampaikan informasi kepada masyarakat mengenai kegiatan dan program pembangunan yang ada di Kabupaten sinjai melalui media online. bagian prokopim sebagai back up manajemen juga berjalan dengan baik bagian prokopim melakukan pendekatan dengan melihat bagaimana reaksi masyarakat dan respon masyarakat dalam berita yang dipublikasikan apakah itu menghambat perkembangan atau mendukung kemajuan dari perusahaan, kemudian prokopim bisa melakukan perencanaan dengan menentukan tujuan, target pesan, serta media komunikasi yang lebih efektif yaitu instagram untuk menyampaikan berita tersebut, kemudian pihak prokopim mengevaluasi dan dari sini bisa menjawab sejauh mana tercapai tujuan prokopim untuk mempublikasikan kegiatan pemerintahan dan juga digunakan untuk perbaikan dan pedoman dalam perencanaan kerja prokopim berikutnya.</p>2023-04-05T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 https://jurnal.ilkom.fs.umi.ac.id/index.php/respon/article/view/174Komunikasi Antarpribadi Volunter Dengan Anak Warga Belajar Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Di Rumah Belajar Tawa Anak Binaan Handlink Social Project Di Desa Pattontongan Kabupaten Maros 2023-04-05T04:28:18+00:00Anggi Sri Winarti anggisrwnrtii@gmail.comAhdan Ahdanahdan.s@umi.ac.idMuhammad Idrismuhammadidris@umi.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Komunikasi Antarpribadi Volunter Dengan Anak Warga Belajar Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri di Rumah Belajar Tawa Anak Binaan Handlink Social Project di Desa Pattontongan Kabupaten Maros. Teknik penelitian yang di gunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan analisis data menggunakan model siklus. Penelitian ini menggunakan dua metode teori yaitu Teori Penetrasi Sosial dan Teori Pengembangan Diri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi antar pribadi volunter dengan anak warga belajar dalam meningkatkan kepercayaan diri terdapat 5 karakteristik komunikasi antarpribadi dan aktivitas dalam pembinaan anak warga belajar yang di terapkan dengan baik diantaranya, pertama komunikasi antarpribadi di mulai dengan diri sendiri (self), kedua mencakup aspek-aspek isi pesan dan hubungan antarpribadi, ketiga mensyaratkan adanya kedekatan fisik antara pihak-pihak yang berkomunikasi, keempat komunikasi antarpribadi bersifat transaksional, dan kelima komunikasi antarpribadi melibatkan pihak-pihak yang saling tergantung satu dengan lainnya. Aktivitas pembinaan di kelas pendidikan pertama mengajarkan anak warga belajar membaca dan mengenalkan huruf abjad, kedua melatih kembali merapikan tulisan yang berjarak, naik turun dan huruf yang terbalik, ketiga mengajarkan aritmetika dasar seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian, keempat membantu, mengajarkan, dan menjelaskan kembali tugas-tugas yang di dapatkan dari sekolah, dan yang terakhir kelas kreatif, mengembangkan kepercayaan diri anak dengan mengasah kekreatifitasan yang anak warga belajar miliki.</p>2023-04-05T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 https://jurnal.ilkom.fs.umi.ac.id/index.php/respon/article/view/175Aktivitas Komunikasi Digital Inovasi Program Edukasi Pada Kantor Dompet Dhuafa Kota Makassar 2023-04-05T04:35:28+00:00Syarmilah Syarmilahschila915@gmail.comAbd Majid Abd.majid@umi.ac.idZelfia Zelfiazelfia.zelfia@umi.ac.id<p>Dengan perkembanngan teknologi yang sangat pesat dunia digital memberikan pengaruh bagi kehidupan kita baik dalam kehidupan pribadi maupun kehdupan dalam dunia pekerjaan. Tidak dapat dipungkiri dunia digital dapat memberikan manfaat bagi kita semua salah satunya dapat memudahkan dalam hal mencari informasi. Pesatnya penggunaan teknologi digital dimanfaatkan oleh lembaga amil zakat dompet dhuafa agar terus mengembangkan inovasi baru untuk mempermudah dan memprluas jaringan masyarakat dengan memeanfaatkan teknologi yang ada. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas komunikasi digital seperti apa yang digunakan dalam program edukasi pada kantor dompet dhuafa kota makassar dan untuk mengetahui kendala yang dihhadapai dompet dhuafa semenjak menggunakan komunikasi digital pada program edukasi yang diadakan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Peneliti mendeskripsikan realita sosial yang terjadi dilapanagn dengan mengumpulkan data melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lembaga amil zakat dompet dhuafa mengaplikasikan komunikasi digital untuk menginformasikan, mempromosikan, mengkampanyekan, atau mengedukasikan aktivitas program terkait ziswaf. Digital sangat berperan penting dalam pekembangan dan kemajuan dompet dhuafa. Dengan adanya teknologi digital dompet dhuafa lebih mudah mengedukasikan dan mengkampanyekan program yang terkait dengan ziswaf.</p>2023-04-05T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 https://jurnal.ilkom.fs.umi.ac.id/index.php/respon/article/view/176STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL PT. PT. PELNICABANG MAKASSAR DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN TIKET MELALUI SITUS WEBSITE PT. PELNI 2023-04-05T04:37:36+00:00Amalia M Gappar amaliaaagpr@gmail.comAbd Majid Abd.majid@umi.ac.idZelfia Zelfiazelfia.zelfia@umi.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui strategi komunikasi pemasaran digital dan bentuk komunikasi pemasaran digital PT. PELNI CABANG MAKASSAR dalam meningkatkan penjualan tiket melalui situs website PT. Pelni. metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini berlangsung kurang lebih 1 bulan dan berlokasi Jl. Sawerigading No. 14A Makassar. Adapun informan dalam penelitian ini yaitu manager usaha, manager pelayanan jasa, staff pemasaran penjualan, dan tiga dari pelanggan PT. PELNI Cabang Makassar yang mampu memberikan informasi terkait penelitian ini. Hasil penelitian ini mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran dengan menerapkan strategi marketing mix yaitu product, price, place, dan promotion dan bentuk komunikasi pemasaran dengan bentuk dari elemen bauran promosi yaitu periklanan, penjualan personal, pemasaran langsung, pemasaran internet dengan faktor pendukung media e-commerce situs website PT. Pelni untuk memasarkan dan meningkatkan penjualan tiket kapal sudah sangat efektif.</p>2023-04-05T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 https://jurnal.ilkom.fs.umi.ac.id/index.php/respon/article/view/177IMPLEMENTASI MANAJEMEN KOMUNIKASI DI DINAS KEBUDAYAAN DAN KEPARIWISATAAN DALAM PROGRAM PENGEMBANGAN GEOPARK MAROSPANGKEP MENUJU UNESCO PROVINSI SULAWESI SELATAN 2023-04-05T04:39:49+00:00Taufik Taufik taufiqhasan15@gmail.comHadawiah Hadawiahhadawiah.hadawiah@umi.ac.idAhdan Ahdanahdan.s@umi.ac.id<p>Tujuan penelitian ini adalah: (1) Bagaimana manajemen komunikasi di Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulawesi Selatan dalam program pengembangan Geopark Maros-Pangkep menuju UNESCO. (2) bagaimana jaringan komunikasi di Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulawesi Selatan dalam program pengembangan Geopark Maros-Pangkep. Penelelitian ini berlangsung selama kurang lebih 2 bulan mulai November sampai Desember 2022. Berlokasi Kantor Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulawesi selatan Jl. Jend. Sudirman No.23, Mangkura, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan dengan informan sebanyak 3 (tiga) orang yang dimana mereka bekerja di lokasi penelitian. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif analisis deskriptif, dengan tekhnik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil yang ditemukan dalam manajemen komunikasi di dinas kebudayaan dan kepariwisataan dalam pengembangan geopark MarosPangkep yaitu melakukan kordinasi di berbagai pihak yang bentuknya rapat atau oertemuan khusus dan jaringan komunkasi di dinas kebudayaan dan kepariwisataan dalam program pengembangan geopark Maros-Pangkep yaitu melakukan jaringan komunikasi di pemerinth provinsi Sulawesi selatan dan pemerintah kabupaten Maros-Pangkep dan tiga kementrian di indonesia yaitu Kementrian SDM, Kementrian Pariwisata dan Kementrian Bappenas.</p>2023-04-05T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 https://jurnal.ilkom.fs.umi.ac.id/index.php/respon/article/view/178Komunikasi Budaya Pada Masyarakat Mandar Dalam Mempertahankan Perahu Sandeq di Kecamatan Balanipa Kabupaten Polewali Mandar2023-04-05T04:42:03+00:00Nurul Fatiha patihacharman@gmail.comHadawiah Hadawiahhadawiah.hadawiah@umi.ac.idMuliadi Muliadimuliadi.muliadi@umi.ac.id<p>Penelitian ini berlangsung selama kurang lebih satu bulan lamanya berlokasi di Kecamatan Balanipa Kabupaten Polewali Mandar. Adapun informan penelitian adalah budayawan Mandar dan Warga pesisir pantai serta pemilik perahu Sandeq. Metode penelitian yang di gunakan adalah Kualitatif Deskriptif. Menggunakan metode Wawancara Observasi dan Dokumentasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Makna sandeq bagi masyarakat mandar khususnya di kecamatan Balanipa pun sesuai dengan konsturksi sosial yang terjadi ditengah kehidupan masyarakat, pemaknaan sandeq baik oleh masyarakat pesisir pantai bahkan pemilik sekalipun berbeda – beda sesuai pengalaman mengenai sandeq yang dialami oleh masyarakat tersebut. Dan yamg palin penting perahu Sandeq banyak memuat symbol komunikasi yang syarat akan mandar makna budaya di masyarakat mandar.</p>2023-04-05T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 https://jurnal.ilkom.fs.umi.ac.id/index.php/respon/article/view/179Analisis Bahasa Jurnalistik Pada Isi Berita (Studi Pada Kabar Makassar.com) 2023-04-05T04:45:02+00:00A.Mukramin Alfadillah andimukramin123@gmail.comAhdan Ahdanahdan.s@umi.ac.idZelfia Zelfiazelfia.zelfia@umi.ac.id<p>Bahasa pada sebuah berita merupakan sarana penyampaian informasi. Penggunaan bahasa yang baik dan benar dapat memudahkan khalayak untuk menyerap informasi dari berita secara jelas. Wartawan sering mengalami kendala dalam menerapkan bahasa jurnalistik, seperti menulis di bawah tekanan waktu, kemasabodohan dan kecerobohan, tidak mau mengikuti petunjuk, ikut-ikutan dan merusak arti. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan bahasa jurnalistik di media Kabar Makassar.Com dalam penulisan berita Unjuk Rasa. Penelitian ini menggunakan metode riset analisis isi (content analysis) dengan model deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan atau mendeskripsikan obyek yang diteliti berdasarkan fakta yang ada di lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi serta menggunakan analisis data yang mengacu pada metode Miles dan Huberman. Teori dan konsep yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada prinsip bahasa jurnalistik yang dikemukakan oleh Haris Sumadiria. Hasil dari penelitian ini adalah masih terdapat ketidaksesuaian dan kesalahan dari setiap paragraf pada berita yang diteliti periode September 2022 yang berjumlah 6 berita. Kesalahan tersebut ditemukan pada penggunaan kata atau kalimat mubazir, kesalahan dalam penulisan istilah asing dan akronim.</p>2023-04-05T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 https://jurnal.ilkom.fs.umi.ac.id/index.php/respon/article/view/180POLA KOMUNIKASI ORGANISASI HUMAS KANTOR DPRD PROVINSI SULAWESI SELATAN DALAM MEMBERIKAN LAYANAN INFORMASI KEPADA MASYARAKA2023-04-05T04:51:50+00:00Eksanti Eksantieksantiedy14@gmail.comAndi Muttaqin Mustari andi.muttaqin@umi.ac.id<p>Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan teknik Pendekatan Kualitatif. Kualitatif adalah proses eksplorasi dan memahami makna perilaku individu dan kelompok, menggambarkan masalah sosial atau masalah kemanusiaan, dimana proses penelitian mencakup membuat pertanyaan penelitian dan prosedur yang masih bersifat sementara, mengumpulkan data pada seting partisipan, analisis data secara induktif, membangun data yang parsial ke dalam tema, dan selanjutnya memberikan interpretasi terhadap makna suatu data. Peneliti ingin mengetahui, bagaimana pola komunikasi organisasi humas pada kantor dprd provinsi sulawesi selatan dalam memberikan layanan informasi kepada masyarakat. Tercapainya penyebaran informasi & ketepatan pesan dalam menyampaikan informasi ke masyarakat, menerapkan teori sistem sosial yang terdiri dari iklim komunikasi, kepuasan organisasi dan penyebaran informasi & ketepatan pesan sudah berjalan dengan baik sesuai dengan fungsi humas yaitu mengamati dan menganalisa suatu persoalan berdasarkan fakta di lapangan.</p>2023-04-05T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 https://jurnal.ilkom.fs.umi.ac.id/index.php/respon/article/view/188Manajemen Komunikasi Tata Kelola Humas Pada Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Gowa Dalam Mempertahankan Hubungan Eksternal Melalui Media Sosial Instagram2023-09-26T11:50:59+00:00Dita Wahyuningsihditawahyuningsih19@gmail.comRusdiah RusdiahRusdiah.salam@umi.ac.idIzki Fikriani Amirizkiamir@umi.ac.id<p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen tata kelola humas pada Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Gowa dalam media sosial Instagram dan Peran Humas Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Gowa dalam mempertahankan hubungan eksternal melalui media sosial Instagram. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan tiga cara pengumpulan data yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan komunikasi. Objek penelitian ini adalah humas Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Gowa.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa humas pada Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Gowa dalam media sosial Instagram yaitu sebagai penghubung komunikasi (fasilitator) antara organisasi dengan masyarakat untuk penyampaian informasi kebijakan pemerintahan dan kegiatan pemerintah dan sebagai pendukung fungsi manajemen organisasi. Penggunaan media sosial yang efektif untuk memperngaruhi masyarakat serta mampu menghasilkan publisitas tinggi dalam waktu relatif singkat.</p>2023-09-26T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 https://jurnal.ilkom.fs.umi.ac.id/index.php/respon/article/view/192INFILTRASI TEKNOLOGI KOMUNIKASI PADA MASYARAKAT ADAT KAJANG SULAWESI SELATAN2024-01-04T05:54:01+00:00Zelfia Zelfiazelfia.zelfia@umi.ac.idHadawiah Hadawiahhadawiah.hadawiah@umi.ac.idWahyuni RamdhaniZelfia.zelfia@umi.ac.id<p><em>Teknologi dapat membawa dampak yang signifikan terhadap perubahan sosial dan pola perilaku komunikasi, termasuk pada masyarakat adat. Salah satu masyarakat yang menolak segala bentuk tersebut adalah masyarakat adat Kajang. Keteguhan mereka dalam memegang ajaran dalam pappasang (pesan Lisan) menjadikan mereka membatasi diri terhadap segala bentuk teknologi. Penelitian ini akan memberikan pemahaman bagaimana masyarakat Kajang menyikapi teknologi informasi yang hadir ditengah kehidupan tradisional mereka dan bagaimana teknologi informasi memasuki kehidupan masyarakat adat Kajang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan paradigram interpretivisme. Informan kunci dalam penelitian ini adalah adalah Ammatoa (ketua adat), beberapa Galla Puto (Pemangku Adat), Kepala Desa Tana Toa, guru dan aktivis budaya Kajang. Penelitian ini dilakukan secara langsung dalam wilayah masyarakat Ammatoa Kajang. Unit analisis dalam penelitian ini adalah Sikap dan proses Infiltrasi orang Kajang dalam Merespon Teknologi komunikasi. Untuk menjawab unit analisi peneliti merujuk pada teori konstruksi sosial teknologi (SCOT) Konstruksi Sosial Teknologi (The Sosial Construction of Tehcnology - SCOT). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Sikap orang Kajang dalam merespon teknologi informasi bervariasi tergantung pada tingkat keyakinan, pengetahuan, pendidikan, dan pengalaman masing-masing individu. Beberapa orang Kajang merespon teknologi informasi dengan antusias dan terbuka untuk mengadopsinya sebagai bagian dari kehidupan mereka, sementara yang lain lebih skeptis atau bahkan menolak teknologi informasi. Sikap masyarakat adat Kajang dalam merespon teknologi mencerminkan dinamika unik antara tradisi, keberlanjutan, dan adaptasi terhadap perubahan.Masyarakat adat. Dalam Upaya mempertahankan nilai-nilai tradisional yang kuat, mereka berusaha memastikan bahwa nilai-nilai budaya dan tradisi mereka tidak tergerus. Sikap ini tercermin dalam upaya untuk menyelaraskan penggunaan teknologi dengan nilai-nilai local mereka yang terkandung dalam passang ri Kajang. Sikap partisipatif masyarakat adat Kajang dalam pengambilan keputusan terkait teknologi cenderung melibatkan ammatoa. Keputusan yang signifikan dari amma selaku pemangku adat dibuat melalui musyawarah dan aturannya tercantum dalam passang ri Kajang hal ini mencerminkan nilai-nilai kepatuhan dan kesederhanaan yang terus terpelihara. Penelitian ini telah di persentasikan dalam Asian pasipic annual conference dan di publish di abstract procceding, serta disubmit di jurnal komunikasi Undip.</em></p>2024-01-04T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024