https://jurnal.ilkom.fs.umi.ac.id/index.php/respon/issue/feed RESPON JURNAL ILMIAH MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI 2024-05-04T09:33:12+00:00 Zelfia zelfia.zelfia@umi.ac.id Open Journal Systems <p>RESPON Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Komunikasi adalah untuk publikasi Mahasiswa yang terbit empat kali dalam setahun, yang diterbitkan pada bulan Januari, April, Juli dan <em>Oktober.</em> Jurnal ini dikelola sejak Januari 2020, dalam hal ini Volume 1 yang terdiri dari artikel berbasis penelitian dan / atau artikel konseptual dalam komunikasi.</p> <p>RESPON Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Komunikasi diterbitkan oleh Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi, Fakultas Sastra Universitas Muslim Indonesia. Penerbit hanya menerima karya asli, yang belum dipublikasikan di tempat lain. Artikel harus dikirimkan melalui situs ini sesuai dengan format kami. Artikel yang dikirim akan ditinjau dan diedit untuk keseragaman format, istilah, dan prosedur lainnya. Artikel yang diterbitkan dalam bidang ilmu komunikasi yang dikaitkan berbagai disiplin keilmuan, dan sudut pandang, budaya, politik, ekonomi, sosial dan teknologi.</p> https://jurnal.ilkom.fs.umi.ac.id/index.php/respon/article/view/206 Strategi Komunikasi Budaya Radio Suara Bone BeradatDalam Membentuk Karakter Generasi Di Kabupaten Bone 2024-05-04T07:35:15+00:00 Agus Harliawan Agusharliawancokro12@gmail.com Hadawiah Hadawiah hadawiah.hadawiah@umi.ac.id Muhammad Idris Muhammad.idris@umi.ac.id <p>Strategi komunikasi budaya radio merupakan pendekatan atau rencana yang <br>digunakan oleh stasiun radio dalam hal ini Radio Suara Bone Beradat untuk<br>berkomunikasi dengan pendengar secara efektif terhadap generasi muda dalam konteks <br>budaya, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi serta program komunikasi <br>budaya Radio Suara Bone Beradat dalam membentuk generasi muda, penelitian ini<br>menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengumpulkan data atau informasi dengan <br>metode wawancara, dokumentasi serta studi kepustakaan, hasil dari penelitian ini Strategi<br>komunikasi budaya Radio SBB telah berhasil membangun karakter generasi muda <br>dengan menyesuaikan siaran dengan tren pemuda dan fokus pada pendidikan politik <br>melalui tema kegiatan seperti baksos dan podcast, Radio SBB akan menjadi sumber<br>edukasi yang berkelanjutan, Program komunikasi budaya Radio SBB selama bulan suci<br>Ramadhan menghadirkan perlombaan baca kisah Islami dan "Kecil-Kecil Jadi Dai", <br>dengan strategi penyampaian yang menyesuaikan jadwal dan memilih lagu-lagu yang<br>sesuai. Program-program populer seperti Musik Malam Minggu, Melodi Musik, dan Aga <br>Kareba memberikan edukasi tentang pendidikan karakter dan realitas kehidupan pemuda, <br>Kesimpulannya, program-program ini berhasil membentuk karakter generasi muda dan <br>menyediakan edukasi serta hiburan yang relevan dengan kebutuhan mereka.</p> 2024-05-04T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 https://jurnal.ilkom.fs.umi.ac.id/index.php/respon/article/view/207 Representasi Komunikasi Akun Instagram FashionHijab Dalam Menjaga Nilai Budaya Islam 2024-05-04T07:41:19+00:00 Fidyah Analista Aris Fidyahanalistaa0215@gmail.com Hadawiah Hadawiah hadawiah.hadawiah@umi.ac.id Muhammad Idris Muhammad.idris@umi.ac.id <p>Akun Instagram Fashion Hijab Indonesia efektif merepresentasikan komunikasi budaya. <br>Instagram Fashion Hijab Indonesia dianggap sebagai platform yang berhasil memainkan peran <br>penting dalam menjaga nilai budaya Islam pada ibu PKK di Kabupaten Enrekang, Kecamatan <br>Anggeraja. . Akun Instagram fashion hijab Indonesia dianggap sebagai representasi positif yang <br>efektif dalam menyampaikan dan memahamkan makna nilai budaya Islam melalui konten visual <br>mereka. Penelitian bertujuan Untuk mengetahui bagaimana makna nilai budaya islam dalam akun <br>instagram fashon hijab indonesia pada kelompok PKK di kecamatan Aggeraja kabupaten Enrekang. <br>Metode penelitian yang digunkan peneiti adalah Penelitian kualitatif pendekatan fenomenologi <br>dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian <br>menunjukan akun Instagram Fashion Hijab Indonesia berhasil merepresentasikan komunikasi budaya <br>Muslimah dengan memegang teguh nilai-nilai Islam dalam kontennya. Mereka berhasil menciptakan <br>suasana mendukung dan beragam di dunia fashion, menjadikan platform ini lebih dari sekadar media <br>berbagi gaya berpakaian.</p> 2024-05-04T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 https://jurnal.ilkom.fs.umi.ac.id/index.php/respon/article/view/208 Analisis Wacana Van Dijk Pemberitaan Kriminal Di Kabupaten Sidrap Pada Media Online Katasulsel.Com 2024-05-04T07:51:35+00:00 Poufy Annisa Silu poufy112@gmail.com Abd Majid Abd.majid@umi.ac.id Muhammad Idris Muhammad.idris@umi.ac.id <p>Proses penulisan berita sangat penting dalam keberlangsungan setiap media online <br>termasuk dalam penyebaran berita, maka dari itu penulis tertarik untuk melakukan analisis terhadap <br>proses redaksional dan analisis wacana pembertiaan kriminal media online Katasulsel.com. Penelitian <br>ini bertujuan untuk menganalisis wacana berita kriminal di media online Katasulsel.com dan <br>memahami proses redaksional berita kriminal yang dikembangkan media online Katasulsel.com. <br>menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu mengambarkan data pada apa adanya kemudian <br>menganalisanya dengan kata-kata dan kalimat. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah <br>struktur atau elemen wacana yang dikemukakan Van. Serta metode agenda setting dalam proses <br>redaksional. Hasil dari penelitian ini, proses redaksional media KataSulsel.com mengunakan metode <br>agenda setting dalam proses redaksionalnya, kemudian dalam proses analisis wacana element <br>VanDjik, media KataSulsel.com sudah cukup bagus dalam penggunaan element wacana namun masih <br>memiliki kekurangan yang berkaitan dengan elemen anlisis wacana. Kesimpulan dari penelitian ini, <br>dalam Proses Redaksional staf KataSulsel.com sepakat bahwa proses redaksional dengan motede <br>agenda setting perlu dilakukan, untuk menyatukan pemahaman penulis dan pembaca, kemudian<br>dalam proses analisis wacana dapat disimpulkan bahwa judul, lead, isi berita, penggunaan kata <br>hubung, dan gaya Bahasa merupakan hal yang penting agar berita jadi terarah dan menarik untuk&nbsp;<br>pembaca.</p> 2024-05-04T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 https://jurnal.ilkom.fs.umi.ac.id/index.php/respon/article/view/209 Analisis Semiotika Komunikasi Visual Pada Seri IklanVersi Sambungkan Senyuman Bersama Telkomsel Siaga 2022 2024-05-04T07:58:38+00:00 Nismawati Nismawati nismareal@gmail.com Zelfia Zelfia zelfia.zelfia@umi.ac.id Abd Majid Abd.majid@umi.ac.id <p>Analisis Semiotika Komunikasi Visual Pada Seri Iklan Versi Sambungkan Senyuman<br>Bersama Telkomsel Siaga 2022, yang memiliki permasalahan seperti bagaimana makna icon, index<br>dan interpretant, dan makna hubungan sign dengan interpretant pada iklan versi sambungkan<br>senyuman bersama Telkomsel siaga 2022. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui makna icon,<br>index dan interpretant, serta untuk mengetahui makna hubungan sign dengan interpretant. Tipe<br>penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan analisis semiotika model Charles<br>Sanders Peirce, dengan maksud penulis ingin memberikan gambaran dan pemahaman yang<br>berkaitan dengan makna dari iklan Telkomsel 2022. Hasil penelitian yang pertama makna icon, index<br>dan interpretant pada iklan merujuk pada strategi pemasaran yang dimanfaatkan untuk menonjolkan<br>promo spesial Ramadhan dari Telkomsel yang dapat digunakan untuk berbagi kebahagiaan di setiap<br>momen dan juga memberitahukan bahwa kartu prabayar Telkomsel ini sudah terjamin dan terpercaya<br>dalam mempermudah aktivitas sehari-hari, dengan menampilkan figur keluarga yang dapat menarik<br>perhatian serta minat para audiens untuk menggunakan Telkomsel. Yang kedua makna hubungan sign<br>dengan interpretant dalam iklan merujuk pada sebuah pesan visual yang dapat menjadi daya tarik<br>yaitu jarak tidak menjadi penghalang untuk kita tetap bersilaturahmi dengan memanfaatkan teknologi<br>yang ada, berbagi kebahagiaan, menciptakan senyum kebahagiaan pada orang di sekitar dan menjalin<br>kekompakan dalam kebaikan.</p> 2024-05-04T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 https://jurnal.ilkom.fs.umi.ac.id/index.php/respon/article/view/210 Peranan Humas Sebagai Penunjang Program Izin Mendirikan Bangunan (Imb) Pada Dinas Penataan Ruang Kota Makassar 2024-05-04T09:02:22+00:00 Sri Harti Puspita Dewi shpusthadewi@gmail.com Abd Majid Abd.majid@umi.ac.id Muhammad Rayes Ibrahim Rayes_ibrahim@umi.ac.id <p>Penelitian ini membahas tentang Peranan Humas Sebagai Penunjang Program Izin <br>Mendirikan Bangunan (IMB) Pada Dinas Penataan Ruang Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan <br>untuk mendeskripsikan; 1) Tata kelola humas sebagai penunjang program izin mendirikan bangunan <br>pada dinas penataan ruang kota makassar; 2) Peranan humas sebagai penunjang program izin <br>mendirikan bangunan (IMB) pada Dinas Penataan Ruang Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan <br>deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. <br>Hasil penelitian menunjukan: 1) bahwa Tata kelola humas Dinas Penataan Ruang Kota Makassar di <br>kelola oleh bidang SubBagian Umum dan dan sekretaris melalui situs website PPID (Pejabat Pengelola <br>Informasi dan Dokumentasi).<br>2) Peranan humas Sebagai penunjang program izin mendirikan bangunan (IMB) pada Dinas Penataan <br>Ruang Kota Makassar, bahwa peranan humas sangat berperan penting dalam menyampaikan<br>informasi mengenai pelayanan izin mendirikan bangunan (IMB). Humas Dinas Penatan Ruang Kota <br>Makaasar menjalankan keempat kategori peran sesuai konsep Dozier &amp; Broom, yaitu sebagai <br>penasehat ahli (expert prescriber), fasilitator komunikasi (communication facilitator), fasilitator proses <br>pemecahan masalah (problem solving process facilitator), dan teknisi komunikasi (communication <br>technician).</p> 2024-05-04T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 https://jurnal.ilkom.fs.umi.ac.id/index.php/respon/article/view/211 Penerapan Kode Etik Jurnalistik Media Online Readtimes.Id Makassar (Analisis Isi Kuantitatif) 2024-05-04T09:08:51+00:00 Alifia Dwitya Anggraeni Alifiadwitya27@gmail.com Zelfia Zelfia zelfia.zelfia@umi.ac.id Muhammad Idris Muhammad.idris@umi.ac.id <p>Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penerapan kode etik jurnalistik <br>khususnya rubrik politik dan hukum di portal berita Readtimes.id. Dengan menggunakan metode <br>penelitian analisis isi, hasil penelitian menunjukkan sebagai media online, Readtimes.id memegang <br>teguh akurasi pemberitaannya. Terlihat dari hasil kuantitatif lima kategorisasi berdasarkan Undangundang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers, pasal 2 ayat 5 wartawan indonesia menempuh cara-cara <br>profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik, pasal 8 wartawan indonesia tidak menulis atau <br>menyiarkan berita berdasarkan prasangka atau diskriminasi terhadap seseorang atas dasar perbedaan <br>suku, ras, warna kulit, agama, jenis kelamin, dah bahasa serta tidak merendahkan martabat orang <br>lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani., pasal 3 ayat 2 memberikan ruang dan waktu <br>pemberitaan kepada masing-masing pihak professional, pasal 2 ayat 4 sumber berita yang relevan, <br>pasal 3 ayat 3 opini menghakimi adalah pendapat pribadi wartawan dan tidak memberitakan <br>mencampur fakta dan opini. Semua kategori bernilai diatas tujuh puluh persen dan hal ini sejalan <br>dengan teori agenda Setting dan pers tanggungjawab sosial.</p> 2024-05-04T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 https://jurnal.ilkom.fs.umi.ac.id/index.php/respon/article/view/212 Komunikasi Budaya Masyarakat Wangi-Wangi Dalam Mempertahankan Eksistensi Tradisi Kehidupan Sosial Di Kabupaten Wakatobi 2024-05-04T09:14:06+00:00 Wa Ode Fitri Auliani waodefitriauliani183@gmail.com Hadawiah Hadawiah hadawiah.hadawiah@umi.ac.id Muhammad Ilham Muhammad.ilham@umi.ac.id Nur Akbar nur.akbar@umi.ac.id <p>Kabupaten Wakatobi dahulu bernama Kabupaten buton/Kepulauan Tukang Besi, namun<br>seiring dengan perkembangan zaman, sehingga Kabupaten Buton menjadi Kabupaten Wakatobi.<br>Kabupaten Wakatobi berbentuk kepulauan dan terletak di tenggara Pulau Sulawesi Indonesia.ِ <br>Namaِ “Wakatobi”ِ merupakanِ singkatanِ dariِ empat pulau utama, Wangi-wangi, Kaledupa, <br>Tomia, Binongko. Pulau Wangi wangi merupakan salah satu daerah yang ada di kabupaten Wakatobi <br>juga memiliki keragaman budaya yang perlu di jaga dan dilestarikan keberadaannya guna <br>memperkaya khasana budaya bangsa pada umumnya dan daerah Wakatobi pada khususnya. Akan<br>tetapi seiring perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan (IPTEK) sehingga adat budaya dan <br>tradisi mengalami degradasi sehingga masyarakat setempat khususnya para kaum muda telah <br>melupakan adat dan tradisi yang ada didaerahnya sendiri serta nilai-nilai yang terkandung didalam<br>sebuah tradisi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menyatukan berbagai ide dan gagasan yang ada <br>dalam masyarakat Wangi-wangi melalui pertunjukan tradisi adat budaya di Kecamatan Wangi-wangi<br>Kabupaten Wakatobi. Atas dasar itulah maka peneliti tertarik untuk mengetahui lebih dalam lagi <br>tentang nilai komunikasi budaya masyarakat Wangi-wangi dalam mempertahankan eksistensi tradisi <br>kehidupan sosial di Kabupaten Wakatobi dengan menggunakan metode kualiatif deskripif. Hasil dari <br>penelitian ini yaitu pelaksanaan pertunjukan adat budaya dikecamatan wangi-wangi dapat terlaksana <br>dengan baik, sehingga masyarakat mulai menghidupkan tradisi adat budaya dan masyarakat dapat<br>mengetahui nilai-nilai yang terkandung dalam budaya tersebut, sehingga eksistensi tradisi kehidupan<br>sosial masyarakat dapat terus diperahankan</p> 2024-05-04T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 https://jurnal.ilkom.fs.umi.ac.id/index.php/respon/article/view/213 Optimalisasi Komunikasi Organisasi Dinas Penanaman Modal Dan PTSP Provinsi Sulawesi Selatan Dalam Prorgam Pembinaan UMKM & Investasi 2024-05-04T09:21:46+00:00 Nur Hidayah Hasbi nurhidayahhasbi4@gmail.com Abd Majid Abd.majid@umi.ac.id Andi Muttaqin Mustari andi.muttaqin@umi.ac.id <p>Kehadiran UMKM dan Investor adalah hasil dari kesadaran adanya peluang usaha. Dengan<br>keberadaannya diperlukan pembinaan oleh pemerintah sebagai upaya meningkatkan perekonomian<br>negara. Sementara komunikasi adalah unsur penting dalam berjalannya suatu pembinaan. Maka<br>komunikasi pemerintah dalam pembinaan perlu untuk ditelusuri. Maka penelitian ini bertujuan Untuk<br>Mendeskripsikan dan menjelaskan optimalisasi dan bentuk komunikasi organisasi seksi Pemerdayaan<br>Usaha Daerah DPMPTSP Provinsi Sulawesi Selatan dalam program pembinaan UMKM dan<br>Investasi. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif<br>dengan pendekatan deskriptif. Dengan menggambarkan objek atau subjek yang diteliti secara<br>mendalam, luas, dan terperinci. Hasil penelitian menunjukkan komunikasi organisasi dalam<br>pembinaan yang dilakukan telah optimal berdasarkan dengan teori optimalisasi komunikasi dan<br>informasi organisasi. Serta bentuk komunikasi yang digunakan ialah vertikal atas ke bawah dan<br>horizontal pada sesama staf seksi yang juga senada dengan teori birokrasi weber.</p> 2024-05-04T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024