RESPON JURNAL ILMIAH MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI https://jurnal.ilkom.fs.umi.ac.id/index.php/respon <p>RESPON Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Komunikasi adalah untuk publikasi Mahasiswa yang terbit empat kali dalam setahun, yang diterbitkan pada bulan Januari, April, Juli dan <em>Oktober.</em> Jurnal ini dikelola sejak Januari 2020, dalam hal ini Volume 1 yang terdiri dari artikel berbasis penelitian dan / atau artikel konseptual dalam komunikasi.</p> <p>RESPON Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Komunikasi diterbitkan oleh Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi, Fakultas Sastra Universitas Muslim Indonesia. Penerbit hanya menerima karya asli, yang belum dipublikasikan di tempat lain. Artikel harus dikirimkan melalui situs ini sesuai dengan format kami. Artikel yang dikirim akan ditinjau dan diedit untuk keseragaman format, istilah, dan prosedur lainnya. Artikel yang diterbitkan dalam bidang ilmu komunikasi yang dikaitkan berbagai disiplin keilmuan, dan sudut pandang, budaya, politik, ekonomi, sosial dan teknologi.</p> en-US zelfia.zelfia@umi.ac.id (Zelfia) nursalwiyani.gani@umi.ac.id (Nur Salwiyani Gani) Mon, 04 Nov 2024 10:49:37 +0000 OJS 3.3.0.6 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Peran Komunikasi Antarpersonal Siswa Dalam Mengurangi Tindakan Bullying Siswa Di SMAN 11 Makassar https://jurnal.ilkom.fs.umi.ac.id/index.php/respon/article/view/263 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran komunikasi antarpersonal siswa <br>dalam upaya mengurangi tindakan bullying dan mendeskripsikan dampak terhadap <br>perilaku bullying yang terjadi pada siswa SMAN 11 Makassar, menggunakan metode yang <br>kualitatif deskriptif dengan teori Belajar Sosial dan teori Penetrasi Sosial. Informan pada <br>penelitian ini terdiri dari 3 orang siswa, 1 orang wali kelas, dan 1 orang guru BK, penelitian <br>ini berlangsung selama satu bulan yang berlokasi di SMAN 11 Makassar. Tenik <br>pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik <br>analisis data yang digunakan yaitu pengurangan data, penyajian data, verifikasi, dan <br>penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa komunikasi interpersonal <br>guru dan peserta didik dalam mencegah perilaku bullying dapat dilakukan dengan <br>menerapkan efektivitas komunikasi interpersonal diantaranya keterbukaan (openness), empati (empathy), dukungan (supportiveness), rasa positif (positiveness), dan kesetaraan <br>(equality). Namun, jika ditarik berdasarkan komunikasi interpersonal, pihak sekolah belum menjalankan pola-pola komunikasi tersebut secara efektif terhadap korban-korban <br>bullying. Sehingga, yang terjadi dan terlihat ialah adanya pembiaran bullying oleh pihak <br>sekolah.</p> Gabrila Nuradya Sudarto, Zelfia Zelfia, Muhammad Idris Copyright (c) 2024 https://jurnal.ilkom.fs.umi.ac.id/index.php/respon/article/view/263 Thu, 31 Oct 2024 00:00:00 +0000 Strategi Komunikasi Pemasaran Agen Jasa Asuransi PT Prudential Syariah Dalam Mempertahankan Loyalitas Nasabah Di Kota Makassar https://jurnal.ilkom.fs.umi.ac.id/index.php/respon/article/view/264 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Komunikasi Pemasaran <br>Agen Jasa Asuransi PT Prudential Syariah Di Kota Makassar dan untuk mengetahui peran <br>agen asuransi PT. Prudential Syariah dalam Mempertahankan Loyalitas Nasabah. <br>Komunikasi pemasaran dapat berpengaruh dalam berbagai bidang, diantaranya bidang<br>pemasaran. Dalam kegiatan pemasaran, penyampaian informasi secara tepat sangat <br>dibutuhkan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif <br>dengan Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil<br>penelitian ini menunjukkan bahwa posisi seorang agen bagi sebuah perusahaan asuransi <br>sangat penting, karena lewat agen inilah perusahaan dapat memasarkan atau menjual <br>produknya kepada calon nasabah. Agen asuransi PT Prudential Syariah Makassar dalam <br>mempertahankan nasabah dengan menggunakan strategi komunikasi efektif, komunikasi <br>personal, dan komunikasi persuasif. Komunikasi ini bisa berjalan dengan baik apabila <br>antara agen dengan nasabah atau calon nasabah terjalin hubungan yang baik dan saling <br>percaya, sehingga bisa memunculkan kepuasan nasabah yang berujung kepada Loyalitas. <br>Cara nya adalah dengan terus melatih kemampuan berkomunikasi yang baik.</p> Khaerunnisa Khaerunnisa , Ahdan S , Muhammad Ilham, Nur Salwiyani Gani Copyright (c) 2024 https://jurnal.ilkom.fs.umi.ac.id/index.php/respon/article/view/264 Thu, 31 Oct 2024 00:00:00 +0000 Analisis Komunikasi Kepribadian Remaja Adiktif Game Online Mobile Legend Di SMA Nasional Makassar https://jurnal.ilkom.fs.umi.ac.id/index.php/respon/article/view/265 <p>Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Analisis komunikasi kepribadian <br>remaja adiktif di SMA Nasional Makassar. Dan untuk Mengetahui bentuk perubahan komunikasi <br>pada kepribadian remaja SMA Nasional Makassar sebelum dan sesudah mengenal game mobile <br>legend. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian <br>menunjukan Analisis komunikasi kepribadian remaja adiktif di SMA Nasional Makassar. <br>Kecanduan game Mobile Legend mempengaruhi komunikasi kepribadian remaja di SMA <br>Nasional Makassar. Peneliti menemukan bahwa keterlibatan yang berlebihan dalam game ini <br>menyebabkan perubahan dalam pola interaksi sosial remaja, mengurangi waktu yang sebelumnya <br>dihabiskan untuk interaksi langsung dengan teman-teman, dan meningkatkan waktu yang <br>dihabiskan di depan layar. Hal ini tidak hanya mempengaruhi komunikasi tetapi juga aspek-aspek <br>lain seperti kesehatan fisik dan keseimbangan emosional remaja. Dan Bentuk perubahan <br>komunikasi kepribadian remaja SMA Nasional Makassar sebelum dan sesudah mengenal game <br>Mobile Legend. Sebelum mengenal game Mobile Legend, remaja di SMA Nasional Makassar <br>lebih banyak menghabiskan waktu untuk interaksi sosial langsung dengan teman-teman di <br>lingkungan sekitar. Namun, setelah mengenal dan kecanduan game ini, mereka cenderung lebih <br>banyak menghabiskan waktu di depan layar untuk bermain game. Perubahan ini mempengaruhi <br>pola komunikasi mereka, dari interaksi langsung ke interaksi virtual, dan juga berdampak pada <br>aspek lain seperti motivasi belajar, kesehatan fisik, dan keseimbangan emosional</p> Muh Aswin Umar , Andi Muttaqin Mustari , Muhammad Ilham, Nur Salwiyani Gani Copyright (c) 2024 https://jurnal.ilkom.fs.umi.ac.id/index.php/respon/article/view/265 Thu, 31 Oct 2024 00:00:00 +0000 Komunikasi Antarpribadi Guru Dengan Anak Autis Pada Pemanfaatan Media Edukasi Dalam Perubahan Perilaku Anak Autis (Studi Kasus SLB Autis Bunda Di Kota Makassar) https://jurnal.ilkom.fs.umi.ac.id/index.php/respon/article/view/266 <p>Tujuan penelitian ini adalah Untuk menggambarkan Bagaimana Memahami cara <br>komunikasi antarpribadi antara guru dan anak autis dalam konteks pendidikan di SLB Autis Bunda, <br>Menilai efektivitas media edukasi dalam memfasilitasi komunikasi antarpribadi antara guru dan anak <br>autis dalam perubahan perilaku nak autis di SLB Autis Bunda dan Mengetahui perkembangan <br>perilaku anak autis autis pada pemanfaatan media edukasi melalui komunikasi antarpribadi guru <br>dengan anak autis di SLB Autis Bunda. Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. <br>Penelitian kualitatif adalah sebuah penelitian atau riset yang bersifat deskriptif (menggambarkan) dan <br>cenderung menggunakan analisis. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan (1). bahwa proses <br>komunikasi yang efektif antara guru dan anak autis di SLB Autis Bunda sangat bergantung pada <br>pembangunan hubungan yang positif dan sikap keterbukaan. Guru di sekolah ini menerapkan metode <br>yang berfokus pada peningkatan keefektifan proses belajar mengajar dengan menggunakan alat <br>peraga dan media edukasi yang menarik (2). Penggunaan media edukasi yang dirancang khusus dapat <br>meningkatkan interaksi antara guru dan anak serta mendukung proses perubahan perilaku yang lebih <br>baik. Dengan memanfaatkan alat-alat ini, komunikasi menjadi lebih terarah dan pembelajaran menjadi <br>lebih menarik, sehingga membantu anak autis mengatasi tantangan perilaku mereka. metode belajar di <br>SLB Autis Bunda (3). hasil wawancara dengan ibu kepala sekolah Hj. Hasmiati, S.Pd menunjukkan <br>bahwa proses perubahan perilaku anak autis di SLB Autis Bunda terbukti efektif. Perubahan perilaku <br>negatif pada anak autis telah berhasil diminimalisir dan jarang terjadi. Guru di SLB Autis Bunda <br>menggunakan pendekatan komunikasi yang terampil, dengan merancang dan menerapkan media <br>edukasi yang memanfaatkan simbol-simbol seperti kata-kata dan gambar untuk menarik perhatian dan <br>meningkatkan fokus anak dalam proses belajar. Penelitian ini juga menggunakan beberapa teori yaitu <br>teori DeVito (Pendekatan Humanistik), Teori Kecocokan gaya belajar (Individual Learning Styles), <br>dan Teori Interaksi Simbolik</p> Aryuninda Aryuninda , Mustamin Mustamin, Hadawiah Hadawiah Copyright (c) 2024 https://jurnal.ilkom.fs.umi.ac.id/index.php/respon/article/view/266 Thu, 31 Oct 2024 00:00:00 +0000 Pengaruh Video Beauty Vlogger Terhadap Kebutuhan Informasi Kesehatan Kulit Wajah Siswi SMA Kartika XX-1 Makassar (Studi Kasus Pada Subscribers Channel Youtube Kiara Leswara) https://jurnal.ilkom.fs.umi.ac.id/index.php/respon/article/view/267 <p>Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin meningkat dan <br>beragam membuat hal ini berhubungan dengan kebutuhan khalayak akan teknologi <br>komunikasi khususnya internet. Minat khalayak untuk berkomunikasi melalui internet <br>sangat tinggi, hal ini terbukti menunjukkan bahwa masyarakat lebih sering menggunkan <br>internet untuk berkomunikasi serta mencari informasi. Di Indonesia, sumber informasi <br>Kesehatan sudah banyak disebarluaskan melalui internet dan media sosial, salah satunya <br>pada media YouTube melalui tayangan beauty vlogger. YouTube menyediakan akses <br>mudah terhadap informasi Kesehatan yang secara efektif dapat mempegaruhi Khalayak. <br>Video blogger kecantikan kini dianggap sebagai panutan tidak hanya di bidang kecantikan <br>tetapi juga di bidang Kesehatan kulit wajah karena dianggap dapat dipercaya dalam <br>memberikan informasi tentang Kesehatan kulit wajah. Tujuan penelitian ini Untuk <br>mengetahui pengaruh menonton tayangan video YouTube beauty vlogger Kiara Leswara <br>terhadap kebutuhan informasi Kesehatan kulit wajah siswi SMA KARTIKA XX-1 <br>MAKASSAR. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kuantitatif, <br>dengan melibatkan 79 responden yang merupakan siswi SMA KARTIKA XX-1 <br>MAKASSAR. Penelitian ini menggunakan teori S-O-R (Stimulus Organism Response) <br>sebagai teori yang mendasari penelitian ini, menunjukkan bahwa ransangan yang diberikan <br>oleh beauty vlogger melalui tayangan Video YouTubenya akan berkorelasi dengan <br>pemenuhan kebutuhan informasi. Berdasarkan hasil uji hipotesis di temukan bahwa <br>tayangan YouTube beauty vlogger berpengaruh signifikan terhadap kebutuhani nformasi <br>Kesehatan kulit wajah.</p> Rifka Amelia , Hadawiah Hadawiah, Muhammad Ilham Copyright (c) 2024 https://jurnal.ilkom.fs.umi.ac.id/index.php/respon/article/view/267 Thu, 31 Oct 2024 00:00:00 +0000 Studi Tata Kelola Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan (PROKOPIM) Dalam Menunjang Good Governance Pemerintah Kota Makassar https://jurnal.ilkom.fs.umi.ac.id/index.php/respon/article/view/268 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Tata Kelola Bagian Protokol dan Komunikasi <br>Pimpinan dalam Menunjang Good Governance di Pemerintah Kota Makassar dan Tantangan Bagian <br>Protokol dan Komunikasi Pimpinan dalam Menyusun Acara Resmi Pemerintah Kota Makassar dengan <br>penerapan teori sumber daya (resource-based view) dan teori excellence &amp; public relations (two way<br>asymmetrical). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengkaji <br>tata kelola dan tantangan Menyusun acara pada bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Kota <br>Makassar. Data penelitian dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil<br>penelitian ini mengungkap bahwa prokopim adalah bagian yang mengelola semua kegiatan pemerintah <br>yang terkait dengan pelyanan langsung terhadap pimpinan serta menjadi media komunikasi antara <br>pemerintah dengan masyarakat. Studi ini juga menyoroti pentingnya sumber daya manusia dan <br>komunikasi yang menyoroti perlunya komunikasi dan hubungan masyarakat yang efektif untuk <br>mendorong tata kelola yang baik dilingkup pemerintahan dan sejak awal Prokopim telah menerapkan <br>teori Sumber Daya (Resourse-based view) dan Teori Excellence &amp; Public Relations (two way <br>Asymmetrical) untuk meningkatkan efisiensi kerja serta memperbaiki layanan kepada pimpinan dan<br>masyarakat. Kedua hal tersebut bertujuan untuk memastikan pelayanan bagian prokopim kepada <br>pimpinan daerah berjalan secara baik dan memastikan bahwa prokopim tetap responsif terhadap aspirasi<br>masyarakat demi mewujudkan good governance di pemerintahan Kota Makassar. Dengan demikian<br>penerapan teori sumber daya dan teori excellence &amp; public relations dapat dinilai mampu mewujudkan<br>good governance yang diinginkan.</p> Muh Razzan A Darlan , Muhammad Yunus, Izki Fikriani Amir Copyright (c) 2024 https://jurnal.ilkom.fs.umi.ac.id/index.php/respon/article/view/268 Thu, 31 Oct 2024 00:00:00 +0000 Analisis Manajemen Komunikasi Bank Mandiri Taspen Dalam Persaingan Bisnis Perbankan Melalui Program Pinjaman Kredit Pada Calon Nasabah Di Polewali Mandar Sulbar https://jurnal.ilkom.fs.umi.ac.id/index.php/respon/article/view/269 <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis manajemen komunikasi yang <br>diterapkan oleh Bank Mandiri Taspen Dalam Persaingan Bisnis Perbankan dan <br>menggambarkan media apa saja yang digunakan oleh Bank Mandiri Taspen dalam <br>persaingan Bisnis Perbankan Di Polewali Mandar Sulbar. Tipe penelitian yang digunakan <br>adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa PT Bank Mandiri <br>Taspen KCP Polman mengawali tahap perencanaannya dengan mengidentifikasi Customer <br>sasarannya yaitu pensiunan dari PNS, TNI dan POLRI. Mereka menetapkan tujuan <br>komunikasi dengan menggunakan 7 poin agar pensiunan tertarik menjadi nasabah PT Bank <br>Mandiri Taspen KCP Polman. PT Bank Mandiri Taspen KCP Polman juga menyeleksi <br>sumber pesan menggunakan Hygiene Factor dari survei Nielsen. Dalam tahap <br>implementasi, PT Bank Mandiri Taspen KCP Polman menerapkan bauran komunikasi <br>pemasaran termasuk periklanan, penjualan personal, publisitas, pemasaran langsung, <br>promosi penjualan, acara, dan event menggunakan media cetak, elektronik dan digital dan <br>mengukur hasil akhir melalui dashboard, mengevaluasi hasil dan mengambil Tindakan <br>koreksi jika diperlukan</p> Diajeng Ayu Hafifah , Abd Majid , Muhammad Idris Copyright (c) 2024 https://jurnal.ilkom.fs.umi.ac.id/index.php/respon/article/view/269 Thu, 31 Oct 2024 00:00:00 +0000 Persepsi Komunikasi Remaja Terhadap Tayangan Konten Youtube Curhat Bang Deny Sumargo https://jurnal.ilkom.fs.umi.ac.id/index.php/respon/article/view/270 <p>: Persepsi merupakan bayangan yang diungkapkan oleh seseorang yang <br>dipengaruhi oleh beberapa faktor. Ketika seseorang menyampaikan pesan komunikasi <br>melalui panca indra, rangsangan dibuat melalui apa yang dilihat dan dirasakan. Penelitian <br>ini bertujuan menganalisis persepsi komunikasi remaja Morowali terhadap tayangan <br>konten youtube curhat bang Deny Sumargo dan mengetahui efek yang ditimbulkan dari <br>konten youtube Curhat Bang Deny Sumargo terhadap anak remaja Morowali. Penelitian <br>ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa konten <br>Deny Sumargo menghasilkan dua persepsi yakni persepsi positif dan negatif, persepsi <br>positif berupa sumber pengetahuan, informatif, dan edukasi, sedangkan persepsi negatif <br>berupa kecenderungan tidak menyukai, tidak mengandung pengetahuan dan edukasi. <br>Persepsi informan menghasilkan efek Asimilasi dan Efek Pertentangan. Efek asimilasi <br>adalah penilaian seseorang terhadap pesan menjadi lebih dekat dengan pandangannya <br>sendiri dari pada yang seharusnya. Efek asimilasi berupa hiburan yang menarik, <br>informatif, dan mengedukasi. Sedangkan efek pertentangan adalah individu tidak <br>menyukai dan menetang objek yang dipersepsikan. Efek pertentangan berupa hiburan <br>kurang baik dan tidak layak untuk pertontonkan sehingga perlu kebijaksanaan semua <br>pihak dalam mengakses konten youtube.</p> Andi Fatimah , Aulia Mahardhika , Izki Fikriani Amir Copyright (c) 2024 https://jurnal.ilkom.fs.umi.ac.id/index.php/respon/article/view/270 Fri, 01 Nov 2024 00:00:00 +0000 Analisis Kredibilitas Informasi Citizen Jurnalism (Telaah Tulisan Masyukur Mahmud di Kompasiana.Com) https://jurnal.ilkom.fs.umi.ac.id/index.php/respon/article/view/272 <p>Jurnalisme Warga telah menjadi bagian penting dari kegiatan jurnalistik. Perkembangan jenis dan <br>isi informasi yang ditayangkan juga sangat heterogen. Penelitian ini bertujuaan untuk mendeksripsikan <br>produktivitas jurnalis warga di platform Kompasiana.Com. Mengacu pada analisis kredibilitas penulis dari <br>informasi yang disajikan oleh Kompasianer Masykur Mahmud, tingkat keterpercayaan pemberitaan media <br>dari masyarakat terhadap informasi yang ditulis di Kompasiana.com. Metode penelitian yang digunakan <br>adalah kualitatif dengan studi pustaka ( library research) menggunakan dua belas referensi jurnal ilmiah <br>dan didukung oleh observasi digital dari tulisan-tulisan yang disajikan oleh Masykur Mahmud. <br>Menggunakan dua pendekatan teori untuk menelaah tulisannya yaitu kredibilitas sumber dan teori prinsip <br>dasar jurnalisme warga. Hasil penelitian menunjukkan (1) Kompasiana.Com telah menjadi salah satu sumber <br>rujukan masyarakat untuk menemukan informasi, mengembangkan wawasan dan mengetahui isu-isu <br>kontemporer. (2) Sebagai salah satu plattfrom jurnalisme warga , Kompasiana secara khusus tidak <br>bertanggungjawab terhadap isi konten jurnalis warga, namun tetap membuka ruang berbagi ekspresi atau <br>gagasan bagi masyarakat secara umum salah satunya adalah jurnalis warga bernama Masykur Mahmud. (3) <br>Kredibilitas tulisannya sejak 14 tahun menjadi Kompasianer hingga saat ini menunjukkan produktivitasnya <br>dalam publikasi sekitar 1.153 tulisan telah ditayangkan dengan total 618.103 kali dibaca. (4) Mengacu pada <br>dua unsur teori prinsip dasar jurnalisme warga serta kredibilitas sumber Hovland, penulis mendeskripsikan <br>bahwa akurasi informasi dan keceramatan penyajian data yang faktual ditunjukkan pada tulisan dengan jenis <br>berita maupun opini pribadinya. Begitupula masyarakat atau pembaca dipersuasi dengan isi tulisan Masykur <br>Mahmud yang berbobot, cakap dan lugas dalam menyampaikan berita atau informasi. Secara konsisten ia <br>mampu menelaah situasi atau isu yang beragam di masyarakat dan dibaca oleh ratusan pengunjung laman <br>Kompasiana.Com.</p> Fauziah Ramdani , Muhammad Anshar , Zelfia Zelfia Copyright (c) 2024 https://jurnal.ilkom.fs.umi.ac.id/index.php/respon/article/view/272 Fri, 01 Nov 2024 00:00:00 +0000 Kebebasan Pers dan Etika Media (Telaah Konsep Kebebasan Pers dan Etika Media) https://jurnal.ilkom.fs.umi.ac.id/index.php/respon/article/view/273 <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan konsep kebebasan pers, etika media <br>dan hubungan antara kebebasan pers dan penerapan etika media dalam praktik jurnalistik di <br>Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka (library <br>research). Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. <br>Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kebebasan pers dianggap sebagai pilar demokrasi karena <br>media berperan sebagai pengawas pemerintah dan lembaga kekuasaan lainnya. 2) Munculnya UU <br>Pers tahun 1999 melegitimasi peran dan tanggungjawabnya yaitu kebebasan dalam berpendapat. <br>3) Sejarah otoritarian pers orde baru yng mengekang dan membatasi kebebasan berpendapat<br>menjadi cikal bakal munculnya konsep pers bertanggungjawab sosial yang diadopsi dari pemikiran <br>Kant dalam teori etikanya dan menjadi solusi bagi kebebasan pers di Indonesia. 4) Kebebasan pers <br>tidak berarti kebebasan tanpa kontrol. Enam hal yang perlu dibatasi dalam kebebasan pers yaitu:a) <br>Menyebarkan kebencian; b) Konten pencabulan dan pornografi; c) Melakukan fitnah dan <br>pencemaran nama baik; d) Iklan yang berbohong (deceptive advertising); e) Promosi zat yang tidak <br>layak dikonsumsi anak dan remaja (misalnya rokok); f) Pembocoran rahasia negara yang dapat <br>membahayakan keselamatan negara. 5) Kebebasan pers dan etika media saling melengkapi. Media <br>memiliki kebebasan untuk memberitakan, tetapi media juga memiliki tanggung jawab untuk <br>memastikan bahwa pemberitaan yang ada sesuai dengan standar etika. Ini penting agar media dapat <br>berfungsi secara maksimal dalam memperkuat demokrasi dan menjaga kepercayaan publik.</p> Fauziah Ramdani , Arifuddin Tike , Zelfia Zelfia Copyright (c) 2024 https://jurnal.ilkom.fs.umi.ac.id/index.php/respon/article/view/273 Fri, 01 Nov 2024 00:00:00 +0000