STRATEGI KOMUNIKASI DINAS PARIWISATA KABUPATEN PINRANG DALAM PENGEMBANGAN OBJEK WISATA PERMANDIAN AIR PANAS SULILI DI PALETEANG
DOI:
https://doi.org/10.33096/respon.v3i4.139Keywords:
Strategi, Komunikasi, Pengembangan, Fasilitas, WisatawanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi Dinas Pariwisata Kabupaten Pinrang dalam pengembangan objek wisata permandian air panas Sulili di Kecamatan Paleteang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan mengambil tempat di Dinas Pariwisata Kabupaten Pinrang dan Permandian Sulili. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis model interaktif Miles & Huberman adalah dengan mengumpulkan, mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil Penelitian bahwa Strategi komunikasi komunikasi pengembagan objek wisata permandian air panas Sulili di kecamatan paleteang sudah berjalan dengan baik, walupun belum sepenuhnya optimal, pengembagan objek wisata permandian air panas Sulili didukung oleh komunikasi yang baik antara pegawai yang berda di objek wisata beseta Dinas Pariwisata. Adapun hambatan yang dialami yaitu belum adanya divisi khusus untuk pengembagan wisata serta kurangnya data yang didapatkan untuk melakukan pengembangan juga sulitnya mencairkan anggaran karna harus melalui prosedur yang lama. Dari hasil pengembangan yang dilakukan menunjukka tingkat kepuasan wisatawan yang berkunjung.