ETIKA KOMUNIKASI ANTARA PERAWAT DENGAN PASIEN DALAM MEMBANGUN KOMUNIKASI EFEKTIF UNTUK KESEHATAN PASIEN DI PUSKESMAS BANGKALA KABUPATEN JENEPONTO
DOI:
https://doi.org/10.33096/respon.v1i1.14Keywords:
Etika Komunikasi, Komunikasi EfektifAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana etika komunikasi antara perawat dengan pasien dalam membangun komunikasi efektif untuk kesehatan pasien di Puskesmas Bangkala, Kabupaten Jeneponto dan untuk mengetahui bagaimana implementasi etika komunikasi antara perawat dengan pasien dalam membangun komunikasi efektif untuk kesehatan pasien di Puskesmas Bangkala, Kabupaten Jeneponto. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dua cara, yakni data primer dan data sekunder. Data primer didapatkan dalam bentuk wawancara dan dokumentasi sementara data sekunder dikumpulkan atas informasi mengenai objek penelitian yang tujuannya untuk kebutuhan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, etika komunikasi antara perawat dengan pasien masih belum tercipta secara maksimal. Hal ini dibuktikan dengan masih adanya pasien yang mengeluh tentang tingkah laku perawat dan pasien masih merasa tidak puas dengan pelayanan yang ada di Puskesmas Bangkala Kabupaten Jeneponto. Hal tersebut menunjukkan bahwa komunikasi yang terjalin antara perawat dengan pasien masih belum efektif sehingga timbul kesalahpahaman dan persepsi negatif dari beberapa pasien tentang etika komunikasi perawat Puskesmas Bangkala.