ETIKA KOMUNIKASI ANTARA PERAWAT DENGAN PASIEN DALAM MEMBANGUN KOMUNIKASI EFEKTIF UNTUK KESEHATAN PASIEN DI PUSKESMAS BANGKALA KABUPATEN JENEPONTO

Authors

  • MARWA ERLIANA Universitas Muslim Indonesia
  • Ahdan Ahdan Universitas Muslim Indonesia
  • Andi Muttaqin Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33096/respon.v1i1.14

Keywords:

Etika Komunikasi, Komunikasi Efektif

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana etika komunikasi antara perawat dengan pasien dalam membangun komunikasi efektif untuk kesehatan pasien di Puskesmas Bangkala, Kabupaten Jeneponto dan untuk mengetahui bagaimana implementasi etika komunikasi antara perawat dengan pasien dalam membangun komunikasi efektif untuk kesehatan pasien di Puskesmas Bangkala, Kabupaten Jeneponto. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dua cara, yakni data primer dan data sekunder. Data primer didapatkan dalam bentuk wawancara dan dokumentasi sementara data sekunder dikumpulkan atas informasi mengenai objek penelitian yang tujuannya untuk kebutuhan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, etika komunikasi antara perawat dengan pasien masih belum tercipta secara maksimal. Hal ini dibuktikan dengan masih adanya pasien yang mengeluh tentang tingkah laku perawat dan pasien masih merasa tidak puas dengan pelayanan yang ada di Puskesmas Bangkala Kabupaten Jeneponto. Hal tersebut menunjukkan bahwa komunikasi yang terjalin antara perawat dengan pasien masih belum efektif sehingga timbul kesalahpahaman dan persepsi negatif dari beberapa pasien tentang etika komunikasi perawat Puskesmas Bangkala.

Downloads

Published

2022-08-15

Issue

Section

Articles