STRATEGI KOMUNIKASI DINAS PARIWISATA DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN DAN POTENSI WISATA PULAU KARAMPUANG KABUPATEN MAMUJU

Authors

  • Ramadhan J Barahima Universitas Muslim Indonesia
  • Kasma F. Amin Universitas Muslim Indonesia
  • Abd Majid Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33096/respon.v3i4.146

Keywords:

Strategi Komunikasi, Potensi Wisata, Pulau Karampuang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : Mengetahui strategi Komunikasi Dinas Pariwisata dalam Meningkatkan Kunjungan dan untuk menganalisis Potensi Wisata yang ada di Pulau Karampuang. Kepariwisataan sudah sangat lazim dalam kehidupan masyarakat. dan sudah hampir menjadi salah satu kebutuhan dan gaya hidup masyarakat. Wisata tidak lagi dipandang sebagai suatu yang menjadi milik kelompok masyarakat yang mapan saja, tetapi juga bagi semua kalangan masyarakat. Seperti yang akan dipaparkan oleh penulis, yaitu Pulau Karampuang yang menjadi salah satu Obyek Pariwisata Bahari yang paling diminati di Kabupaten Mamuju. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Unit analisis mengunakan teknik analisis data yang bersifat kualitatif, artinya data diperoleh dari dokumen berupa jawaban atau keterangan bukan berupa angka-angka. Data yang dikumpulkan terdiri dari data primer dan data sekunder. Dengan menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. dengan menggunakanteknik pengumpulan data melalui wawancara kepada informan yang dianggap berpotensi untuk memberikan informasi tentang bagaimana Efektivitas Program Penataan dan Pengelolaan Obyek Wisata di Kabupaten Mamuju. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi dinas pariwisata dalam meningkatkan kunjungan adalah dengan melakukan promosi digital melalui website dan sosial media seperti facebook dan instagram,. dan potensi wisata yang ada di Pulau Karapuang diantaranya adalah terdapat sumur tiga rasa, wisata religi makam keramat, sumur kapal, dan yang paling dikenal adalah wisata baharinya.

Downloads

Published

2023-02-22

Issue

Section

Articles