STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PADA PETANI RUMPUT LAUT EUCHEUMA COTTONII DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN DI LINGKUNGAN JALANG KECAMATAN SAJOANGING KABUPATEN WAJO

Authors

  • Harjuandi Harjuandi Universitas Muslim Indonesia
  • Hadawiah Hadawiah Universitas Muslim Indonesia
  • Andi Muttaqin Mustari Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33096/respon.v3i4.152

Keywords:

Srategi Komunikasi Pemasaran, Rumput Laut Eucheuma Cottonii, Meningkatkan Pendapatan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Proses Budidaya dan Tahapan Pemasaran Pada Petani Rumput Laut Eucheuma Cottonii Dalam Meningkatkan Pendapatan di Lingkungan Jalang Kecamatan Sajoanging Kabupaten Wajo. (2) Bagaimana Strategin Komunikasi Pemasaran Pada Petani Rumput Laut Eucheuma Cottonii Dalam Meningkatkan Pendapatan di Lingkungan Jalang Kecamatan Sajoanging Kabupaten Wajo. Penelitian ini berangsung selama kurang lebih dua bulan mulai Agustus sampai September. Berlokasi di Kabupaten Wajo tepatnya di Lingkungan Jalang Kecamatan Sajoanging dengan informan sebanyak 5 (lima) orang yang di mana mereka tinggal di Lingkungan Jalang. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif analisis deskriptif, dengan tekhnik pengumpulan data dilakukan dua cara yakni data primer dan data skunder. Adapun metode pengumpulan data dengan meakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adapun proses budidaya dan tahapan pemasaran rumput laut Sebelum sampai tahapan pemasaran maka di perlukan proses budidaya rumput laut terlebih dahulu dengan memperhatikan: Pemilihan Lokasi Budidaya Rumput Laut; Melakukan Uji Penanaman; Memilih Metode Budidaya Rumput Laut Yang Sesuai; Pemilihan Bibit Rumput Laut; Penanaman Rumput Laut; Perawatan Rumput Laut; Tahapan Panen Rumput Laut; Pengeringan Hasil Panen. Setelah melalui proses budidaya maka rumput laut di pasarkan melalui personal selling kepada pengepul lokal dan pengepul lokal ke pengepul besar. Adapun strategi komunikasi pemasaran rumput laut di lingkungan jalang dilihat dari 2 faktor pendukung yakni faktor internal dan eksternal. Dimana dua faktor tersebut berisi peluang dan ancaman yang dihadapi dalam budidaya rumput laut kemudian petani rumput laut mempromosikan rumput laut dengan cara mengiklankan melalui kelompok tani yang dibentuk oleh petani rumput laut dan dengan menyampaikan dari mulut ke mulut (mouth to mouth) dengan menambah kualitas dan kuantitas rumput laut dalam meningkatkan pendapatan petani di Lingkungan Jalang kecamatan Sajoanging Kabupaten Wajo.

Downloads

Published

2023-02-22

Issue

Section

Articles