Pola Komunikasi Organisasi Bagian Keprotokoleran Kantor Pemerintah Kabupaten Muna Dalam Peningkatan Pelayanan Informasi Kepada Masyarakat (2022)
DOI:
https://doi.org/10.33096/respon.v4i1.165Keywords:
Protokol, Pelayanan, Masyarakat, InformasiAbstract
Dalam instansi pemerintah biasaya terdapat bagian khusus yang memiliki tugas untuk membangun komunikasi dengan masyarakat dan berperan penting dalam melayani pemimpin instansi dalam melaksanakan tugas-tugasnya, bagian ini disebut dengan protokoler protokol di lingkungan pemerintahan merupakan hal yang sangat penting untuk membuka ruang bagi publik dalam mendapatkan informasi Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pola komunikasi organisasi bagian keprotokoleran kantor Pemerintah Kabupaten Muna dan Untuk mengetahui bentuk pelayanan informasi bagian keprotokoleran kantor Pemerintah kabupaten Muna Dalam Meningkatkan Pelayanan Informasi Kepada Masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang dilihat dari sudut pandang bagaimana upaya bagian protokol dalam meningkatkan pelayanan informasi kepada masyarakat kabupaten Muna. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada beberapa pola komunikasi organisasi yang digunakan pada bagian protokol dan komunikasi pimpinan yaitu pola roda, pola lingkaran pola Y. Dengan bentuk pelayanan komunikasinya yaitu menggunakan media sosial dan melibatkan perangkat daerah dalam upaya penyaluran informasinya