Komunikasi Antarpribadi Volunter Dengan Anak Warga Belajar Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Di Rumah Belajar Tawa Anak Binaan Handlink Social Project Di Desa Pattontongan Kabupaten Maros
DOI:
https://doi.org/10.33096/respon.v4i1.174Keywords:
Komunikasi Antarpribadi, Rumah Belajar, Volunter, Kepercayaan DiriAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Komunikasi Antarpribadi Volunter Dengan Anak Warga Belajar Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri di Rumah Belajar Tawa Anak Binaan Handlink Social Project di Desa Pattontongan Kabupaten Maros. Teknik penelitian yang di gunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan analisis data menggunakan model siklus. Penelitian ini menggunakan dua metode teori yaitu Teori Penetrasi Sosial dan Teori Pengembangan Diri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi antar pribadi volunter dengan anak warga belajar dalam meningkatkan kepercayaan diri terdapat 5 karakteristik komunikasi antarpribadi dan aktivitas dalam pembinaan anak warga belajar yang di terapkan dengan baik diantaranya, pertama komunikasi antarpribadi di mulai dengan diri sendiri (self), kedua mencakup aspek-aspek isi pesan dan hubungan antarpribadi, ketiga mensyaratkan adanya kedekatan fisik antara pihak-pihak yang berkomunikasi, keempat komunikasi antarpribadi bersifat transaksional, dan kelima komunikasi antarpribadi melibatkan pihak-pihak yang saling tergantung satu dengan lainnya. Aktivitas pembinaan di kelas pendidikan pertama mengajarkan anak warga belajar membaca dan mengenalkan huruf abjad, kedua melatih kembali merapikan tulisan yang berjarak, naik turun dan huruf yang terbalik, ketiga mengajarkan aritmetika dasar seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian, keempat membantu, mengajarkan, dan menjelaskan kembali tugas-tugas yang di dapatkan dari sekolah, dan yang terakhir kelas kreatif, mengembangkan kepercayaan diri anak dengan mengasah kekreatifitasan yang anak warga belajar miliki.