STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL PT. PT. PELNICABANG MAKASSAR DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN TIKET MELALUI SITUS WEBSITE PT. PELNI

Authors

  • Amalia M Gappar Universitas Muslim Indonesia
  • Abd Majid Universitas Muslim Indonesia
  • Zelfia Zelfia Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33096/respon.v4i1.176

Keywords:

Komunikasi Pemasaran, Pemasaran Digital, Meningkatkan Penjualan, Website PT. Pelni

Abstract

Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui strategi komunikasi pemasaran digital dan bentuk komunikasi pemasaran digital PT. PELNI CABANG MAKASSAR dalam meningkatkan penjualan tiket melalui situs website PT. Pelni. metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini berlangsung kurang lebih 1 bulan dan berlokasi Jl. Sawerigading No. 14A Makassar. Adapun informan dalam penelitian ini yaitu manager usaha, manager pelayanan jasa, staff pemasaran penjualan, dan tiga dari pelanggan PT. PELNI Cabang Makassar yang mampu memberikan informasi terkait penelitian ini. Hasil penelitian ini mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran dengan menerapkan strategi marketing mix yaitu product, price, place, dan promotion dan bentuk komunikasi pemasaran dengan bentuk dari elemen bauran promosi yaitu periklanan, penjualan personal, pemasaran langsung, pemasaran internet dengan faktor pendukung media e-commerce situs website PT. Pelni untuk memasarkan dan meningkatkan penjualan tiket kapal sudah sangat efektif.

Downloads

Published

2023-04-05

Issue

Section

Articles