ANALISIS FRAMING KONSTRUKSI PEMBERITAAN PRESIDEN JOKOWI TERKAIT PERSIAPAN PEMILU 2024 DI MEDIA KOMPAS.COM DAN REPUBLIKA.CO.ID

Authors

  • Irfan Rusli Universitas Muslim Indonesia
  • Ahdan S Universitas Muslim Indonesia
  • Muhammad Idris Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33096/respon.v3i4.186

Keywords:

Framing, Konstruksi Berita, Jokowi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui media kompas.com dan republika.co.id dalam mengkonstruksi berita Presiden Jokowi terkait persiapan Pemilu 2024 dan mengetahui perbedaan pembingkaian berita kedua media tersebut. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini berlangsung selama satu bulan berlokasi di kota Makassar. Teknik pengumpulan data melalui Observasi Teks dan Dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan media kompas.com dan republika dalam mengemas berita Presiden Jokowi terkait persiapan Pemilu 2024 memiliki perbedaan. Kompas.com memberikan lebih banyak kutipan pernyataan pemerintah ketimbang oposisi. Republika.co.id dalam menyajikan kutipan pernyataan lebih banyak oposisi dibanding pemerintah. Perbedaan penyajian oleh kedua media ini dipengaruhi ideologi yang dianut oleh masing-masing media. Kompas.com berideologi umum terlihat dari tagline jernih melihat dunia. Selain itu dalam menyajikan berita menghadirkan pihak pro dan kontra pemerintah. Republika.co.id berideologi islami, secara historis didirikan oleh Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia. Berideologis islamis membuat republika.co.id dalam mengutip pernyataan tokoh islami  seperti Amien Rais memiliki porsi pernyataan lebih banyak.

Downloads

Published

2023-09-12

Issue

Section

Articles