Efektivitas Electronic Word Of Mouth Di Media Sosial Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Scarlett Whitening Di Kota Makassar

Authors

  • St. Nurkhalifah Universitas Muslim Indonesia
  • Abd Majid Universitas Muslim Indonesia
  • Muhammad Ilham Universitas Muslim Indonesia
  • A. Dian Fitriana IAIN Parepare

DOI:

https://doi.org/10.33096/respon.v5i2.205

Keywords:

Efektivitas, e-WOM (Electronic Word of Mouth), media sosial TikTok, minat beli

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat telah memengaruhi
bentuk penyampaian informasi, salah satunya teknik Electronic word of mouth pada platform
media sosial TikTok yang menjadi sebuah media baru dalam dunia digital marketing untuk
mempromosikan produk Scarlett Whitening. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui
Efektivitas Electronic Word Of Mouth di media sosial TikTok terhadap keputusan pembelian
produk skincare Scarlett Whitening di kota makassar. (2) Untuk mengetahui jenis Electronic
Word Of Mouth yang dikembangkan platform TikTok terhadap keputusan pengguna dalam
membeli produk skincare Scarlett Whitening. Teknik pengambilan sampel menggunakan
Simple Random Sampling. Data yang diperoleh dengan membagikan kuesioner sebanyak 80
responden. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan 2 (dua) teori yaitu
teori ketergantungan (Dependency Theory) dan Teori Elaboration Likelihood Model. Teknik
analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan menggunakan program
aplikasi SPSS Statistics 29. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan electronic
word of mouth (e-WOM) di TikTok efektif untuk menarik minat beli konsumen karena sudah
banyak yang memakai TikTok, sebagai media gratis karena testimonial datang sendiri, TikTok
sebagai media untuk memberikan gambaran visual produk, juga sangat berpotensi untuk
menjangkau pasar yang lebih luas dan cepat untuk mendatangkan pengunjung baru

Downloads

Published

2024-05-02

Issue

Section

Articles