Analisis Semiotika Komunikasi Visual Pada Seri IklanVersi Sambungkan Senyuman Bersama Telkomsel Siaga 2022

Authors

  • Nismawati Nismawati Universitas Muslim Indonesia
  • Zelfia Zelfia Universitas Muslim Indonesia
  • Abd Majid Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33096/respon.v5i1.209

Keywords:

Semiotika, Iklan Telkomsel, Komunikasi, Visual

Abstract

Analisis Semiotika Komunikasi Visual Pada Seri Iklan Versi Sambungkan Senyuman
Bersama Telkomsel Siaga 2022, yang memiliki permasalahan seperti bagaimana makna icon, index
dan interpretant, dan makna hubungan sign dengan interpretant pada iklan versi sambungkan
senyuman bersama Telkomsel siaga 2022. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui makna icon,
index dan interpretant, serta untuk mengetahui makna hubungan sign dengan interpretant. Tipe
penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan analisis semiotika model Charles
Sanders Peirce, dengan maksud penulis ingin memberikan gambaran dan pemahaman yang
berkaitan dengan makna dari iklan Telkomsel 2022. Hasil penelitian yang pertama makna icon, index
dan interpretant pada iklan merujuk pada strategi pemasaran yang dimanfaatkan untuk menonjolkan
promo spesial Ramadhan dari Telkomsel yang dapat digunakan untuk berbagi kebahagiaan di setiap
momen dan juga memberitahukan bahwa kartu prabayar Telkomsel ini sudah terjamin dan terpercaya
dalam mempermudah aktivitas sehari-hari, dengan menampilkan figur keluarga yang dapat menarik
perhatian serta minat para audiens untuk menggunakan Telkomsel. Yang kedua makna hubungan sign
dengan interpretant dalam iklan merujuk pada sebuah pesan visual yang dapat menjadi daya tarik
yaitu jarak tidak menjadi penghalang untuk kita tetap bersilaturahmi dengan memanfaatkan teknologi
yang ada, berbagi kebahagiaan, menciptakan senyum kebahagiaan pada orang di sekitar dan menjalin
kekompakan dalam kebaikan.

Downloads

Published

2024-05-04

Issue

Section

Articles