PENGARUH MOTIF PENGGUNA INSTAGRAM TERHADAP INTERAKSI SOSIAL MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS MUSLIM INDONESIA

Authors

  • Fetty Febryanti Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33096/respon.v1i2.21

Keywords:

instagram, interaksi sosial, mahasiswa, motivasi

Abstract

Penggunaan smartphone sebagai media komunikasi di era digital membuat individu lebih mudah berinteraksi dengan individu lain, namun aktivitas mengakses sosial media yang berlebihan dapat berpotensi mengalami penyimpangan (distorsi). Tidak jarang dua individu atau lebih sibuk dengan menggunakan smartphone. Hal tersebut dapat berdampak pada interaksi sosial menjadi terhambat atau pasif. Tujuan dari penelitian ini yaitu menjelaskan motivasi penggunaan Instagram dan mengidentifikasi penggunaan Instagram dalam interaksi Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muslim Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitianini adalah kuantitatif. Responden dalam penelitian ini merupakan mahasiswa angkatan 2018 program studi ilmu komunikasi Universitas Muslim Indonesia yang berjumlah 160 partisipan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Analisis Regresi Linier Sederhana. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa motif penggunaan instagram yaitu motif informasi untuk mengetahui kondisi masyarakat umum, kedua, mahasiswa menggunakan Instagram didasari oleh motif integritas dan interaksi untuk berhubungan dengan teman di dunia nyata, ketiga, mahasiswa menggunakan Instagram didasari oleh motif hiburan untuk menghilangkan kejenuhan.. Terdapat pengaruh motif penggunaan instagram terhadap interaksi sosial Mahasiswa Angkatan 2018 Ilmu Komunikasi Universitas Muslim Indonesia (p=0,01).

Downloads

Published

2022-08-15

Issue

Section

Articles