Strategi KomunikasiPemasaran Dinas Pariwisata dalamMeningkatkan Kunjungan Wisatawan Lokal diWisata Citta Kabupaten Soppeng
DOI:
https://doi.org/10.33096/respon.v5i3.220Keywords:
Dinas Pariwisata, Strategi Komunikasi, wisata citraAbstract
Kabupaten Soppeng memiliki objek wisata yang menjanjikan seperti Citta, namun kunjungan
wisatawan lokal masih belum maksimal. Penelitian ini akan memberikan pemahaman mendalam tentang
bagaimana dinamika komunikasi pemasaran dapat mempengaruhi minat dan perilaku wisatawan lokal,
serta memberikan referensi bagi Dinas Pariwisata untuk meningkatkan kunjungan tersebut. Penelitian ini
bertujuan untuk (1) mengetahui dan mendeskripsikan strategi pemasaran Dinas Pariwisata destinasi wisata
Citta yang ada di Kabupaten Soppeng, (2) bentuk-bentuk pemasaran yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata
dalam meningkatkan kunjungan di wisata Citta Kabupaten Soppeng. Jenis penelitian ini adalah penelitian
deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan jawaban dari informan yang diwawancarai kemudian jawaban
wawancara tersebut dianislisis dan dideskripsikan menggunakan teori Komunikasi Harold Lasswel, teori
Strategi Pemasaran (Maerketing Strategi) serta Teori Komunikasi Pemasaran. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa (1) strategi yang diterapkan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Soppeng yakni : strategi
harga, strategi pesan dan penetapan khalayak sasaran. Selain itu, Dinas Pariwisata Kabupaten Soppeng juga
menerapkan penggunaan media sosial sebagai alat promosi dan mengadakan event sebagai bentuk
pengembangan wisata. (2) adapun bentuk strategi yang diterapkan Dinas Pariwisata Kabupaten Soppeng
yaitu periklanan, penjualan personal, promosi penjualan, hubungan masyarakat dan pemasaran langsung.