Sistem Komunikasi Humas PT PLN (Persero) Makassar Selatan Dalam Merespon Keluhan Pelanggan Pada Pemadaman Listrik Terencana Di Kota Makassar

Authors

  • Andi Nur Ismi Kemala Baharuddin Universitas Muslim Indonesia
  • Abd Majid Universitas Muslim Indonesia
  • Muhammad Ilham Universitas Muslim Indonesia
  • Nur Salwiyani Gani Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33096/respon.v5i3.221

Keywords:

Sistem Komunikasi, Humas, Respon, keluhan pelanggan

Abstract

Sistem komunikasi humas PT PLN (Persero) Makassar Selatan dalam mersepon keluhan
pelanggan pada pemadaman listrik terencana di Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk,
mengetahui langkah-langkah humas PT PLN (Persero) dalam menyampaikan informasi dan untuk
mengetahui tingkat keberhasilan humas PT PLN (Persero) dalam merespon keluhan pelanggan.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan sumber data primer dan sekunder yang di
peroleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa,
PT PLN (Persero) Makassar Selatan menerapkan sistem komunikasi menggunakan berbagai saluran
komunikasi, seperti media sosial, situs web resmi, media lokal, dan pertemuan langsung dengan
masyarakat dan merespons keluhan pelanggan terkait gangguan pemadaman listrik di Kota Makassar
dengan menggunakan berbagai saluran komunikasi, pada pusat layanan pelanggan dan media sosial,
untuk memberikan respons yang cepat dan koordinasi internal yang baik

Downloads

Published

2024-07-31

Issue

Section

Articles