Persepsi Komunikasi Konsumen Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Antang Raya. Pada Kebijakan Pengguna Aplikasi My Pertamina Di Kota Makassar

Authors

  • Andhika Indra Diraja Universitas Muslim Indonesia
  • Hadawiah Hadawiah Universitas Muslim Indonesia
  • Muhammad Idris Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33096/respon.v4i2.229

Keywords:

Bahan Bakar Subsidi, Persepsi komunikasi, My pertamina

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Bagaimana pandangan Konsumen Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Pada kebijakan pengisian bahan bakar menggunakan aplikasi My Pertamina Di Kelurahan Manggala, Kecamatan antang. Kota makassar (2) Bagaimana pengalaman Konsumen Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) terkait layanan pengisian bahan bakar menggunakan aplikasi my pertamina Di Kelurahan Manggala, Kecamatan antang. Kota makassar. Penelitian ini dilakukan dengan waktu satu bulan. Metodologi pada penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomonologi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi. Wawancara dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini yaitu konsumen SPBU antang raya yang berjumlah lima orang. Adapun teknik analisis data yaitu dengan mereduksi data yang telah diperoleh.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pandangan konsumen SPBU pada kebijakan pengisian bahan bakar menggunakan aplikasi my pertamina kurang diminati oleh masyarakat dikarenakan adanya ketidaksesuaian antara regulasi dan pendapat masyarakat yang menilai bahwa penggunaan aplikasi my pertamina sebagai alat untuk melakukan pendataan pembelian bahan bakar subsidi dan sebagai alat pembayaran non tunai kurang tepat. Hal ini dikarenakan adanya beberapa faktor yang menjadi penghambat sehingga masyarakat kurang menyukai bahkan tidak menggunakan aplikasi tersebut, Adapun pengalaman konsumen Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) terkait layanan pengisian bahan bakar menggunakan aplikasi my pertamina dinilai kurang memuaskan sehingga masyarakat enggan atau tidak menyukai pengisian bahan bakar dengan menggunakan aplikasi my pertamina dan cenderung lebih menyukai melakukan pengisian bahan bakar dengan cara lama serta melakukan transaksi dengan menggunakan uang tunai (Cash) daripada menggunakan uang digital.

Downloads

Published

2024-08-14

Issue

Section

Articles