Strategi Komunikasi Kepala Desa Dalam Peningkatan Partisipasi Masyarakat Pada Pembangunan Infrstruktur Di Desa Kabba Kabupaten Pangkep

Authors

  • Siti Amirah Ramadhani Universitas Muslim Indonesia
  • Ahdan s Universitas Muslim Indonesia
  • Abd Majid Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33096/respon.v4i3.237

Keywords:

Strategi komunikasi, kepala desa, partisipasi masyarakat, pembangunan infrastruktur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi kepala desa dalam peningkatan infrastruktur dan untuk mengetahui partisipasi masyarakat pada pembangunan infrastruktur di desa kabba kabupaten Pangkep. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara , dan  dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menujukkan bahwa Kepala Desa Kabba menggunakan strategi komunikasi dalam bentuk komunikasi yang meliputi a) Komunikator, Kepala desa berperan sebagai komunikator utama yang menginisiasi dan memfasilitasi proses komunikasi antara pemerintah desa dan masyarakat.b) Pesan komunikasi, Pesan komunikasi mencakup informasi mengenai rencana pembangunan, manfaat infrastruktur yang akan dibangun, serta ajakan kepada masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam pembangunan.c) Media komunikasi, media komunikasi yang digunakan  antara lain baliho dan website desa.   d) khalayak sasara, khalayak sasaran adalah  kelompok atau individu yang menjadi target atau tujuan dari strategi komunikasi kepala desa. khalayak sasaran ini  mencakup seluruh masyarakat Desa Kabba. Dalam hal partisipasi masyarakat, penelitian ini menunjukkan bahwa masyarakat di Desa Kabba memiliki Partisipasi cukup signifikan. Masyarakat secara aktif terlibat dalam berbagai kegiatan pembangunan infrastruktur, seperti pembangunan jalan tani, jalan lemperangan, dan saluran air di kelompok tani Bolle Balla, kelompok tani Sipatompong, dan kelompok tani Batu Mangagayya. Selain itu, beberapa sumur bor juga telah diperbaiki oleh kepala desa selama menjabat. Partisipasi masyarakat ini tercermin dalam bentuk gotong royong dan kerjasama antarwarga dalam melaksanakan pembangunan infrastruktur.

Downloads

Published

2024-08-19

Issue

Section

Articles