Komunikasi Pemasaran Usaha Kuliner Tradisional Khas Kabupaten Soppeng “Nennu-Nennu” Dalam Upaya Menghadapi Persaingan

Authors

  • Rabiatul Adawiyah Universitas Muslim Indonesia
  • Kasma F.Amin Universitas Muslim Indonesia
  • Izki Fikriani Amir Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33096/respon.v4i3.242

Keywords:

Strategi, Komunikasi Pemasaran, Kuliner Tradisional

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana startegi komunikasi pemasaran yang dilakukan pengusaha kuliner nennu-nennu dalam menghadapi persaingan dan hambatan apa saja yang dihadapi oleh pengusaha kuliner nennu-nennu. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, dengan lokasi penelitian ini dilaksanakan di Desa Welonge, Kecamatan Marioriawa, Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan. Adapun informan yang terdapat dalam penelitian ini adalah sebanyak 4 orang dengan melakukan metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu berupa teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik anlisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan pengusah kuliner nennu-nennu dalam menghadapi persaingan dilakukan dengan 3 tahap, yaitu perencanaan strategi, pelaksanaan strategi, dan evaluasi. Adapun yang menjadi hambatan yang dihadapi pengusaha kuliner nennu-nennu yaitu ketatnya persaingan membuat pengusaha untuk menggunakan berbagai cara dalam strategi pemasaran mereka, selain  itu penulisan caption pihak kuliner nennu-nennu harus terampil dalam menyusun kata demi kata menjadi kalimat pesan yang berkualitas sehingga dapat menarik khalayak untuk membeli produk tersebut.

Downloads

Published

2024-08-19

Issue

Section

Articles