Strategi Komunikasi Pt Pegadaian Cabang Daya Kanwil VI Makassar Dalam Meningkatkan Layanan Di Era Disrupsi

Authors

  • Pebiyanti Pebiyanti Universitas Muslim Indonesia
  • Abd Majid Universitas Muslim Indonesia
  • Izki Fikriani Amir Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33096/respon.v4i3.244

Keywords:

Strategi, Komunikasi, Layanan di Era Disrupsi, Pegadaian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Strategi Komunikasi serta tantangan yang dihadapi PT Pegadaian Cabang Daya Kanwil VI Makassar dalam Meningkatkan layanan di era disrupsi. Metode Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian Kualitatif dengan pendekatan deskriptif, Jenis dan sumber data yang diperoleh yaitu data primer dan data sekunder dengan Teknik Pengumpulan data  menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi serta teknik analisis data menggunakan reduksi, pengumpulan data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Strategi Komunikasi PT Pegadaian Cabang Daya Kanwil VI Makassar ymerupakan hasil perencanaan dan pelaksanaan yang direncanakan oleh manajemen atas selanjutnya hanya sebatas melanjutkan kembali segala aktivitas seperti Strategi Melalui Periklanan, Komunikasi Langsung, promosi penjualan hal ini didukung bahwa pegadaian telah bertransformasi menjadi sebuah organisasi modern yang ditunjang dengan teknologi digital hingga melahirkan produk dan layanan digital agar dapat meningkatkan daya saing, kapasitas dan kualitas layanan digital yang telah dikembangkan yaitu Pegadaian Digital Service. Adapun Tantangan yang dihadapi adanya kendala dari internal ialah sumber daya manusia yang masih harus dikembangkan serta kurangnya pemahaman masyarakat mengenai aplikasi Pegadaian Digital Service sedangkan kendala dari eksternal ialah nasabah kurang menyadari bahwa sekarang layanan jasa maupun produk yang ada di PT Pegadaian sudah cukup lengkap sesuai dengan perkembangan saat ini.

Downloads

Published

2024-08-19

Issue

Section

Articles