Komunikasi Pemerintah Dalam Proses Penyelesaian Konflik Internal Marga Lewo Muda Di Desa Kolipetung Kecamatan Adonara Kabupaten Flores Timur

Authors

  • Abdul Rahim Universitas Muslim Indonesia
  • Hadawiah Hadawiah Universitas Muslim Indonesia
  • Muhammad Idris Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33096/respon.v4i4.258

Keywords:

Komunikasi Pemerintah, Konflik Internal, Marga Lewo Muda, Desa Kolipetung

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk 1). Untuk mengetahui proses komunikasi pemerintah Desa Kolipetung Dalam Proses Penyelesaian Konflik Internal Marga Lewo Muda di Desa Kolipetung, Kec. Adoanra. 2). Dan untuk mengetahui faktor penyebab konflik internal marga Lewo Muda di Desa Kolipetung, Kecamatan Adonara, Kabupaten Flores Timur.. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskripsi serta menggunakan metode analisis menggunakan Teori Konflik Thomas Hobbes, Teori Konflik Karl Marx dan menggunakan teori pendekatan teori Birokrasi Max Weber dan Teori Dialogisme Bakhtin.

Hasil penelitian ini meunjukan bahwa faktor yang menjadi pemicu terjadinya konfik internal Marga Lewo Muda di Desa Kolipetung di karenakan adanya perbedaan-perbedaaan perspektif dan interpretasi terhadap sejarah.

Dinamika sosial khususnya terjadi di internal marga Mewo Muda mengharuskan adanya pandangan utama dari pemerintahan desa Kolipetung. Secara konseptual pemerintah desa berkewajiban untuk memupuk kehidupan harmonis masyarakat desa serta meleraikan konflik yang ada demi tujuan keutuhan negara republik indonesia. Konsepsi pemerintahan desa Kolipetung dapat dikatakan selaras dengan komunikasi pemerintahan berdasarkan teori Birokrasi Max Weber dan Dialogisme Bakhtin.

Downloads

Published

2024-08-28

Issue

Section

Articles