Persepsi Komunikasi Remaja Terhadap Tayangan Konten Youtube Curhat Bang Deny Sumargo

Authors

  • Andi Fatimah Universitas Muslim Indonesia
  • Aulia Mahardhika Universitas Muslim Indonesia
  • Izki Fikriani Amir Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33096/respon.v5i4.270

Keywords:

Persepsi, Komunikasi, Remaja, Youtube

Abstract

: Persepsi merupakan bayangan yang diungkapkan oleh seseorang yang
dipengaruhi oleh beberapa faktor. Ketika seseorang menyampaikan pesan komunikasi
melalui panca indra, rangsangan dibuat melalui apa yang dilihat dan dirasakan. Penelitian
ini bertujuan menganalisis persepsi komunikasi remaja Morowali terhadap tayangan
konten youtube curhat bang Deny Sumargo dan mengetahui efek yang ditimbulkan dari
konten youtube Curhat Bang Deny Sumargo terhadap anak remaja Morowali. Penelitian
ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa konten
Deny Sumargo menghasilkan dua persepsi yakni persepsi positif dan negatif, persepsi
positif berupa sumber pengetahuan, informatif, dan edukasi, sedangkan persepsi negatif
berupa kecenderungan tidak menyukai, tidak mengandung pengetahuan dan edukasi.
Persepsi informan menghasilkan efek Asimilasi dan Efek Pertentangan. Efek asimilasi
adalah penilaian seseorang terhadap pesan menjadi lebih dekat dengan pandangannya
sendiri dari pada yang seharusnya. Efek asimilasi berupa hiburan yang menarik,
informatif, dan mengedukasi. Sedangkan efek pertentangan adalah individu tidak
menyukai dan menetang objek yang dipersepsikan. Efek pertentangan berupa hiburan
kurang baik dan tidak layak untuk pertontonkan sehingga perlu kebijaksanaan semua
pihak dalam mengakses konten youtube.

Downloads

Published

2024-11-01

Issue

Section

Articles