Strategi Komunikasi Pemasaran pada Usaha Mikro Kecil Menengah Kelompok Tani Hutan Samber dalam Meningkatkan Penjualan Produk Keripik Jamur Mallawa Kabupaten Maros
DOI:
https://doi.org/10.33096/respon.v6i2.290Keywords:
Strategi Komunikasi Pemasaran, Keripik Jamur, KTH SamberAbstract
usaha tentunya harus memiliki strategi pemasaran yang harus dijalankan dalam melaukan kegitan bisnisnya. Strategi merupakan sarana untuk suatu usaha yang digunakan untuk mencapai suatu tujuan. Salah satu bentuk strategi bisnis adalah strategi pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran produk Keripik Jamur Mallawa pada UMKM Kelompok Tani Hutan Samber Kab. Maros. Jumlah informan 7 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Analisi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) strategi pemasaran UMKM KTH Samber dalam meningkatkan penjualan pada produk Keripik Jamur
Mallawa ini menggunakan strategi Marketing Mix dimana terdapat strategi produk, strategi harga, strategi tempat, dan strategi promosi. (2) UMKM KTH Samber melakukan inovasi dengan mengganti kemasan Keripik Jamur Mallawa menjadi kemasan layak
masuk supermarket dan terjual di e-commers.