Pola Komunikasi Interaktif Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Bicaraanak Usia Dini Di Tkit Al- Hidayah Kota Makassar
DOI:
https://doi.org/10.33096/respon.v6i2.292Keywords:
Komunikasi Interaktif, Kemampuan Bicara, Pendidikan Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan pola komunikasi interaktif guru dalam mengembangkan kemampuan bicara anak usia dini di TKIT Al-Hidayah Kota Makassar dan bertujuan untuk menganalisis bentuk komunikasi yang berlangsung antara guru dan anak, serta bagaimana interaksi tersebut dapat mendorong perkembangan keterampilan pada anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Jenis data penelitian ini adalah kualitatif data yang berbentuk kata-kata diperoleh melalui berbagai macam teknik misalnya wawancara observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola komunikasi multi arah terbukti lebih efektif dalam mengembangkan kemampuan bicara anak usia dini. Terlihat dari peningkatan partisipasi aktif anak dalam berbagai
kegiatan berbicara, seperti berdiskusi, bercerita, menyampaikan pendapat, serta merespon pertanyaan dan
pernyatan dari guru maupun teman sebayanya. Hal ini terlihat pada saat guru berperan menjadi sebagai
pendidik, pembimbing, motivator, fasilitator, model dan evaluator untuk membangun rasa percaya diri
anak strategi ini tidak hanya melatih keterampilan berbicara anak, tetapi juga menciptakan suasana belajar
yang menyenangkan, aman dan mendukung. Respon anak didik terhadap pola komunikasi interaktif yang
diterapkan oleh guru di TKIT Al –Hidayah sangat positif dimana anak-anak menunjukkan peningkatan
partisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran baik secara verbal maupun nonverbal.