Strategi Humas Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Tpi Makassar Dalam Meningkatkan Layanan Pempuatan Paspor Melalui Aplikasi M-Paspor
DOI:
https://doi.org/10.33096/respon.v6i2.293Keywords:
Strategi Humas, Imigrasi, M-Paspor, Layanan PublikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi Humas Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Makassar dalam meningkatkan layanan pembuatan paspor melalui aplikasi M-Paspor dan bagaimana sistem komunikasi yang terjadi pada proses layanan M-paspor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Humas menerapkan berbagai strategi, antara lain komunikasi informatif melalui media sosial, dan edukasi publik melalui sosialisasi langsung untuk memperluas jangkauan informasi. Strategi tersebut terbukti berperan penting dalam meningkatkan pemahaman dan partisipasi masyarakat terhadap penggunaan aplikasi M-Paspor. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peran humas sangat penting dalam inovasi teknologi dengan kebutuhan komunikasi publik demi terciptanya layanan keimigrasian yang lebih efisien, transparan, dan berkualitas.