Komunikasi Visual Pada Media Sosial X Dalam Membentuk Persepsi Gen Z Terhadap Konflik Palestina-Israel
DOI:
https://doi.org/10.33096/respon.v6i2.294Keywords:
Media sosial X, Gen Z, Konflik Palestina Israel, Peran, PersepsiAbstract
Media sosial X telah menjadi salah satu menjadi salah satu sumber informasi utama bagi Gen Z untuk memahami Konflik Palestina Israel. Konflik Palestina Isarel merupakan isu kompleks dan berkepanjangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran media sosial X dalam membentuk persepsi Gen Z terhadap konflik Palestina – Israel dan untuk mengetahui Persepsi Gen Z terkait isu tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi virtual, wawancara, dan dokumentasi dan teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media sosial X memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk persepsi Gen Z terhadap konflik Palestina dan Israel, dimana X berperan sebagai wadah untuk mengekspresikan pandangan dan sebagai sumber Informasi Gen Z
terhadap konflik yang terjadi antara Palestina dan Israel, baik melalui penyebaran informasi, narasi visual maupun interaksi antara pengguna. Faktor algoritma, selektivitas sumber, serta keterlibatan emosional pengguna turut mempengaruhi cara pandang Gen Z terhadap konflik tersebut. Kesimpulan dari penelitian menegaskan bahwa media sosial X bukan hanya sebagai alat komunikasi, tetapi juga arena pembentukan opini publik yang kuat dikalangan generasi Z dalam isu-isu global seperti konflik Palestina dan Israel.