Pengaruh Komunikasi Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Mie Gacoan Cabang Perintis Di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin
DOI:
https://doi.org/10.33096/respon.v6i3.296Keywords:
komunikasi, Word of Mouth, minat beli, mie gacoanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi Word of Mouth terhadap minat beli, serta untuk mengukur seberapa besar pengaruh komunikasi Word of Mouth terhadap minat beli Mie Gacoan Cabang Perintis di kalangan mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 93 orang. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 5%, sehingga diperoleh sebanyak 76 responden. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan instrumen berupa kuesioner yang disebarkan secara online melalui Google Form. Teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis regresi linear sederhana dan analisis deskriptif dengan bantuan software SPSS. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori S-O-R (Stimulus-Organism-Response) dan Theory of Planned Behavior. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara komunikasi Word of Mouth terhadap minat beli mahasiswa. Besarnya kontribusi komunikasi Word of Mouth terhadap minat beli mahasiswa adalah sebesar 70,3%. Temuan ini mengindikasikan bahwa semakin kuat komunikasi Word of Mouth, maka semakin tinggi pula minat beli mahasiswa terhadap Mie Gacoan.