Manajemen Komunikasi Dinas Pendidikan Kabupaten Barru Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia Berbasis Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik
DOI:
https://doi.org/10.33096/respon.v6i3.305Keywords:
Manajemen Komunikasi, Sumber Daya Manusia, Good Governance, Pelayanan Publik, Dinas PendidikanAbstract
penelitian ini membahas Peningkatan kualitas layanan publik di sektor pendidikan menuntut pengelolaan sumber daya manusia (SDM ) yang efektif dan profesional. Dinas Pendidikan Kabupaten Barru memegang peran penting dalam upaya ini melalui penerapan manajemen komunikasi yang baik. Komunikasi yang terarah dan terbuka menjadi kunci dalam mendukung pengembangan SDM yang selaras dengan prinsip good governance, seperti transparansi, akuntabilitas, dan partisipasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis manajemen komunikasi yang diterapkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Barru dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM ) berbasis good governance guna meningkatkan kualitas pelayanan publik. Latar belakang penelitian ini berangkat dari pentingnya peran komunikasi organisasi dalam membentuk sistem kerja yang transparan, partisipatif, dan akuntabel sebagai dasar pengelolaan SDM yang efektif di sektor pemerintahan, khususnya dalam bidang pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pemilihan informan dilakukan melalui Teknik wawancara dan turun langsung kelapang an. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen komunikasi di Dinas Pendidikan Kabupaten Barru telah mengadopsi prinsip-prinsip good governance seperti transparansi, akuntabilitas, partisipasi, dan efektivitas dalam pola komunikasi internal dan eksternal organisasi. Hal ini tercermin dari adanya sisterm komunikasi terbuka, pelatihan SDM secara berkala, serta forum evaluasi dan koordinasi rutin. Implementasi manajemen komunikasi tersebut berdampak positif terhadap peningkatan kapasitas pegawai serta mutu pelayanan publik yang lebih profesional dan berorientasi pada kebutuhan masyarakat