POLA KOMUNIKASI ANTARA ORANG TUA DENGAN ANAK DALAM MENGURANGI PENGGUNAAN GADGET PADA SD ISLAM TERPADU AR- RAHMAH MAKASSAR

Authors

  • Unisa Adelia Hamsir Universitas Muslim Indonesia
  • Zelfia Zelfia Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33096/respon.v1i3.31

Keywords:

Pola Komunikasi, Gadget, Orang tua dan Anak

Abstract

Skripsi ini berjudul Pola Komunikasi antara Orang Tua Dengan Anak Dalam Mengurangi Penggunaan Gadget di SD Islam Terpadu Ar-rahmah Makassar, dilakukan untu mengetahui bagaimana pola komunikasi dalam keluaraga antara orang tua dengan anak dalam mengurangi penggunaan gadget. Dalam melakukan penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian deskriptif dengan jenis data kualitatif. Metode pengumpulan data melalui wawancara yang mengacu pada pedoman wawancara, observasi dan dokumentasi.
Berdasarkan analisa data dan pembahasan hasil penelitian yang menggunakan teori komunikasi keluarga menurut Yusuf Syamsu, terdapat 3 jenis pola komunikasi orang tua dengan anak, yaitu otoriter (authoratorium), membebaskan (permissive), dan demokratis (authoritative). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tiga orang tua terhadap anaknya menerapkan pola komunikasi permissive dan dua diantaranya menggunakan pola komunikasi otoriter. Dapat disimpulkan bahwa kebanyakan orang tua menggunakan pola komunikasi membebaskan. Pola ini merupakan pola komunikasi dimana orang tua memberikan kebebasan kepada anak dalam menjalankan kesehariannya, sehingga anak dalam melakukan aktivitasnya tidak terarah.

Downloads

Published

2022-08-15

Issue

Section

Articles