Komunikasi Edukasi Program Pojok Baca Dalam Meningkatkan Minat Literasi Siswa

Authors

  • Dian Haeru Nisa Universitas Muslim Indonesia
  • Ahdan S Universitas Muslim Indonesia
  • Aulia Mahardhika Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33096/respon.v6i4.320

Keywords:

Komunikasi edukasi, Program Pojok baca, Literasi Siswa

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Komunikasi edukasi program Pojok Baca dalam meningkatkan minat literasi siswa (Studi kasus di Sdn Tanggul patompo 1 kota makassar). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Studi Kasus (case study) merupakan suatu serangkaian kegiatan ilmiah yang dilakukan secara intensif, terinci dan mendalam tentang suatu program. Hasil penelitian ini menunjukkan. Komunikasi edukasi program pojok baca yang diterapkan di SDN Tanggul Patompo 1 memiliki peran penting dalam meningkatkan minat literasi siswa. Program ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk lebih mengenal dunia membaca melalui penyediaan ruang baca yang nyaman, koleksi buku yang menarik, dan berbagai kegiatan literasi yang kreatif. Secara keseluruhan, program ini tidak hanya meningkatkan kemampuan membaca siswa, tetapi juga mengembangkan keterampilan berpikir kritis, imajinasi, dan pemahaman sosial melalui berbagai jenis bacaan. Selain itu hasil penelitian ini juga menunjukan bentuk edukasi dari program Pojok baca berupa kegiatan membaca bersama di kelas, diskusi terkait buku bacaan¸dan juga pemanfaatan media visual (pemutaran cerita pendek dan permainan teka-teki ), Selain itu bentuk edukasi lainnya berupa poster atau ajakan untuk berliterasi disekolah.

Downloads

Published

2025-12-01

Issue

Section

Articles