Implementasi Nilai-Nilai Komunikasi Profetik Sebagai Strategi Penyebaran Kegiatan Religi Pada Komunitas Project Dakwah Makassar
DOI:
https://doi.org/10.33096/respon.v6i4.322Keywords:
Komunikasi Profetik, Implementasi, Project Dakwah MakassarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dan tantangan komunikasi profetik dalam menyebarkan kegiatan religi di Komunitas Project Dakwah Makassar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan interpretative, Lokasi penelitian ini bertempat di kantor Project Dakwah Makassar Jl. Waduk Tunggu Pampang, Bangkala, Kecamatan Manggala, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Pengumpulan data menggunakan tiga teknik yaitu dokumentasi, observasi dan wawancara mendalam dengan team manajement dan volunteer komunitas project dakwah Makassar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Komunitas project dakwah berhasil mengimplementasikan nilai-nilai komunikasi profetik sesuai dengan Q.S Al-Imran ayat 110 dengan melalui pendekatan kreatif, humanis serta memanfaatkan media sosial dalam proses penyebaran agar semua khalayak dapat menerima informasi, dan kegiatan religi yang dilaksanakan selalu mengangkat tema yang relavan dengan isu-isu yang viral, sehingga mampu menjawab keresahan serta kebutuhan spritual generasi muda saat ini. Namun komunitas ini juga menghadapi tantangan, seperti generasi muda cenderung jenuh terhadap dakwah konvensional, Dimana lebih memilih hadir dalam kajian yang dibawa oleh narasumber (dai’) yang terkenal dikalangan mereka., serta tantangan dalam menjaga konsistensi nilai-nilai komunikasi profetik ditengah perkembangan zaman. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi kontribusi dalam pengembangan strategi dakwah yang lebih humanis, membebaskan dan transendental
