STRATEGI KOMUNIKASI DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KABUPATEN MAROS DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN PADA DESTINASI WISATA TAMAN ALAM BANTIMURUNG

Authors

  • IKA NUGRAHA Universitas Muslim Indonesia
  • Zelfia Zelfia Universitas Muslim Indonesia
  • Andi Muttaqin Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33096/respon.v1i4.33

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi kebudayaan dan pariwisata Bantimurung agar menarik perhatian wisatawan Taman Alam Nasional di Kabupaten Maros, serta apa faktor pendukung dan penghambat strategi komunikasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Maros. Metode Penelitian yang digunakan kualitatif dan analisis deskriptif. Penelitian ini menggunakan teori uses and gratification (pengguna dan kepuasan) yang mengungkapkan tentang pemilihan media oleh pengguna dan kepuasan yang didapatkan pengguna. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan kunjungan wisatawan pada destinasi Wisata Taman Alam Bantimurung, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata melakukan promosi dengan menggunakan strategi komunikasi melalui social media Facebook dan Instagram, adapun faktor pendukungnya yaitu mengenali sasaran komunikasi, pemilihan media komunikasi, kredibilitas sumber informasi dan tampilan dari informasi yang disampaikan yang berupa video, gambar atau tulisan, serta faktor penghambatnya yaitu kurangnya SDM atau tidak adanya SDM yang dapat mengelola social media secara langsung tanpa melalui orang yang diluar dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Maros.

Downloads

Published

2022-08-15

Issue

Section

Articles