Pengaruh Akun Twitter @Collegemenfess Terhadap Pemenuhan Informasi Mahasiswa Di Makassar

Authors

  • Rizki Alyah Nurwahidah Jafar Universitas Muslim Indonesia
  • Hadawiah Hadawiah Universitas Muslim Indonesia
  • Zelfia Zelfia Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33096/respon.v2i3.48

Keywords:

Media Sosial, Twitter, Pemenuhan Kebutuhan Informasi

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh elemen–elemen penggunaan media sosial Twitter yaitu context, communication, collaboration, dan connection terhadap pemenuhan kebutuhan informasi tugas akhir (survei terhadap followers @Collegemenfess). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif melalui pengujian hipotesis secara simultan berdasarkan regresi linier sederhana. Data primer pada penelitian ini diambil melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden followers @Collegemenfess. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan metode accidental sampling. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa responden memberikan respon yang baik terhadap penggunaan media sosial Twitter @Collegemenfess. Responden dalam penelitian ini juga merespon baik terhadap pemenuhan kebutuhan informasi mahasiswa yang ada di Makassar. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi menunjukkan bahwa nilai koefisien determinasi menjelaskan adanya hubungan yang t antara variabel context, communication, collaboration, dan connection terhadap pemenuhan kebutuhan informasi tugas akhir yaitu sebesar 28.8% sedangkan sisanya 71.2% dipengaruhi faktor-faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis.

Downloads

Published

2022-08-18

Issue

Section

Articles