Strategi Komunikasi Kesehatan Dalam Penanganan Covid-19 Pada Perusahaan Pembangkit Listrik Tenaga Uap Belang-Belang Mamuju

Authors

  • Khairunnisa Saifuddin Universitas Muslim Indonesia
  • Ahdan Ahdan Universitas Muslim Indonesia
  • Andi Muttaqin Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33096/respon.v2i4.52

Keywords:

Strategi Komunikasi Kesehatan, Covid-19, Perusahaan Pembangkit Listrik Tenaga Uap Belang-Belang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui Strategi Komunikasi Kesehatan dalam penanganan covid-19 pada Perusahaan Pembangkit Listrik Tenaga Uap Belang-Belang, untuk mengetahui Program Penanganan covid-19 di Perusahaan Pembangkit Listrik Tenaga Uap Belang-Belang. Penelitian ini berlangsung selama kurang lebih satu bulan berlokasi di Perusahaan Pembangkit Listrik Tenaga Uap Belang-Belang. Adapun Informan penelitian adalah, Manajer HSE (Health, Security and Environment), Kepala Klinik, Pekerja Puskesmas, Staff Klinik, Staff HSE, Staff HRD, Karyawan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif Deskriptif. Menggunakan Metode Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Startegi Komunikasi Kesehatan yang diberlakukan dalam penanganan covid-19 pada Perusahaan Pembangkit Listrik Tenaga Uap Belang-Belang dipatuhi dengan baik. Adanya Edukasi, Pemberitahuan melalui spanduk, banner, dan melakukan tes pengisian Instrumen Self Assessment Risiko Covid- 19 serta penerapan protokol kesehatan yang baik. Program Penanganan covid-19 di Perusahaan Pembangkit Listrik Tenaga Uap Belang-Belang memaksimalkan 3T (tracing, testing, dan treatment), menyediakan mess untuk keperluan isolasi ketika karyawan dinyatakan terkonfirmasi covid-19, memenuhi kebutuhan obat, asupan vitamin dan makanan. Serta, melaksankan program vaksinasi sebagai bentuk penanganan dan pencegahan covid-19.

Downloads

Published

2022-08-23

Issue

Section

Articles