STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN WARUNG BAKSO MAS CINGKRANK DALAM MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN DI KOTA MAKASSAR

Authors

  • Asni Wulandari Universitas Muslim Indonesia
  • Muhammad Yunus Universitas Muslim Indonesia
  • Muhammad Idris Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33096/respon.v2i4.54

Keywords:

Komunikasi, Strategi Komunikasi Pemasaran, Omset Penjualan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran dan faktor-faktor yang menghambat dalam strategi tersebut dalam meningkatkan omset penjualan Warung Bakso Mas Cingkrank. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dimana sumber data primer diperoleh dari wawancara dan observasi sedangkan data sekunder diperoleh secara tidak langsung melalui perantara media ataupun buku. Kemudian informan penelitian ini terdiri dari tiga sumber. Dua diantaranya adalah Manajer Digital Marketing dan Manajer Outlet sedangkan yang lainnya dari unsur karyawan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada empat strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Warung Bakso Mas Cingkrank dalam meningkatkan omset penjualannya yaitu : periklanan dalam media sosial, penjualan personal (Personal Selling), pemasaran langsung (Direct Marketing), dan promosi penjualan (Sales Promotion). Sedangkan hambatan pemasaran dalam meningkatkan omset penjualan Warung Bakso Mas Cingkrank diantaranya yaitu : harga barang pokok yang terus naik, gangguan di media sosial dan kondisi saat hujan yang juga mempengaruhi pemasaran Warung Bakso Mas Cingkrank.

Downloads

Published

2022-08-23

Issue

Section

Articles